Rektor Corner
Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab...next »



e-Journal



Senin, 25-Mar-2013 | 10:38:34
Nanat Fatah Natsir : Paradigma Wahyu Memandu Ilmu dalam Pembidangan Ilmu-Ilmu Keislaman

Di lingkungan civitas akademika UIN Bandung, membicarakan "Paradigma wahyu memandu ilmu"  sontak mengingatkan kepada sosok Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir,MS, mantan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung selama dua periode ini (2003-2007 dan 2007-20011). Dia berusaha memadukan ilmu agama dan ilmu umum yang selama ini dikotomis. Dalam  Al-Qur'an : "Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, yaitu orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi seraya berkata: Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka" (QS. Ali Imran : 190-19 1). "Dan Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya menyembah-Ku" (QS. Adz Zariyat : 56), harus menjadi pedoman bagi orang-orang yang berakal dalam mengamati dan menganalisis fenomena alam beserta isinya sebagai ciptaan Allah untuk dimanfaatkan oleh manusia sekaligus dijadikan sebagai media untuk mengabdi kepada-Nya.

Dalam upaya integrasi ilmu agama dan ilmu umum UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Nanat mengilustrasikannya dalam "filosofi atau metafora RODA" berikut ini:
 
Ilustrasi filosofi RODA ini  menandakan adanya titik-titik persentuhan, antara ilmu dan agama. Artinya, pada titik-titik persentuhan itu, kita dapat membangun juga kemungkinan melakukan integrasi keduanya. Bagaimana pula dengan pandangan mengenai ilmu. Dalam teori ilmu (theory of knowledge), suatu pembagian yang amat populer untuk memahami ilmu adalah pembagian  bahasan secara ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Maka lokus pandangan keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang utuh itu dibingkai dalam metafora sebuah roda. Roda adalah simbol dinamika dunia ilmu yang memiliki daya berputar pada porosnya dan berjalan melewati relung permukaan bumi. Roda adalah bagian yang esensial dari sebuah makna kekuatan yang berfungsi penopang beban dari suatu kendaraan yang bergerak dinamis.

Fungsi roda dalam sebuah kendaraan ini diibaratkan fungsi UIN Bandung pada masa mendatang yang mampu menjadi sarana dalam integrasi antara ilmu dan agama dalam konstalasi perkembangan budaya, tradisi, teknologi dan pembangunan bangsa sebagai tanggungjawab yang diembannya. Kekuatan roda keilmuan UIN Bandung ini dapat memacu kreativitas untuk melihat kitab suci sebagai sumber ilham keilmuan yang relevan dengan bidang kehidupan secara dinamis. Karenanya, agar ilmu dan agama mampu selalu mentransendesi dirinya dalam upaya memajukan keluhuran budaya, kelestarian tradisi, penguasaan teknologi dan pembangunan bangsa seiring dengan perubahan global dalam kerangka memenuhi kepentingan kognitif dan praktis dari keduanya.

Metafora roda sebagai komponen vital sebuah kendaraan melambangkan kesatuan utuh dan unsur-unsur yang paralel saling menguatkan dan menserasikan. Secara fisik sebuah roda adalah bagian as (poros), velg (dengan jari-jannya) dan ban luar (ban karet). Tiga bagian ini bekerja simultan dalam kesatuan yang harmonis, yakni tata kerja roda. Fungsi roda sebagai penopang beban memiliki cara kerja yang unik yang paralel saling menguatkan dan menserasikan. Ketika roda itu berputar, maka komponen-komponen yang melekat padanya ikut bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika dihampiri ilustrasi itu antara ilmu dan agama dengan berbagai cara pendekatan dan pandangan, tampak tidak saling menafikan, melainkan bisa saling mengoreksi dan memperkaya. Metafora filosofi pengembangan sistem kerja dan semangat akademik UIN Sunan Gunung Djati Bandung di masa depan mengacu pada rincian "Filosofi Roda" ini sebagai berikut :

Pertama, as atau poros roda melambangkan titik sentral kekuatan akal budi manusia yang bersumber dan nilai-nilai ilahiyah, yaitu Allah sebagai sumber dari segala sumber. Titik sentral ini mencerminkan pusat pancaran nilai-nilai keutamaan yang berasal dari pemilik-Nya (Allah Swt), sekaligus titik tujuan seluruh ikhtiar manusia. Dengan kata lain tauhidullah sebagai pondasi pengembangan seluruh ilmu. Sebab itu, ibarat gaya sentrifugal (gaya dari dalam menuju luar) yang terdapat dalam putaran roda, pancaran semangat inilah yang di isi nilai-nilai ilahiyah menjadi sumbu kekuatan utama dalam proses integrasi keilmuan UIN. Dari titik inilah paradigma keilmuan UIN berasal, meskipun dalam perkembangannya dalam dunia ilmu ternyata tak sepenuhnya ditentukan oleh argumentasi-argumentasi logis, tetapi banyak pula dipengaruhi unsur sosiologis dan psikologis dengan menampakkan keragaman bentuk yang berbeda dan problematik.

Poros roda melambangkan titik inti pencapaian tujuan akhir. Ibarat gaya sentripetal (gaya dari luar menuju dalam) pada sebuah roda yang berputar, mencerminkan identitas keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dinamik pada derajat kedalaman tertentu merupakan hasil pengujian dengan kebenaran hakikinya yang lebih komprehensif dan menyentuh inti kehidupan yang bersumberkan pada nilai-nilai ilahiyah. Kurikulum yang dikembangkan ke arah penemuan (invention) dan pewarisan (discovery) khazanah keislaman merupakan hakikat ilmu pengetahuan dalam upaya integrasi keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Karena itu, poros roda melambangkan titik awal sekaligus titik akhir dari upaya integrasi keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Proses integrasi keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengedepankan corak nalar rasional dalam menggali khazanah ilmu pengetahuan Islam yang bersumber langsung dan wahyu untuk menciptakan hasil kreasi ilmu Islami yang kontemporer, dan corak berfikir kritis dan selektif terhadap ilmu pengetahuan kontemporer yang berkembang untuk menemukan benang emas ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai yang Islami. Dengan demikian ayat-ayat qur'aniyyah dan ayat-ayat kawniyyah sebagai sumber ilmu yang terintegrasi dan holistik yang kedua-duanya bersumber dari Allah Swt sebagai sumber segala sumber kebenaran yang sejati. Dua corak ini ditamsilkan sebagai gaya dalam putaran sebuah roda yang berasal dari dan menuju ke porosnya.

Kedua, velg roda yang terdiri dari sejumlah jari-jari, lingkaran bagian dalam dan lingkaran luar melambangkan rumpun ilmu dengan beragam jenis disiplin yang berkembang saat ini. Setiap ilmu memiliki karakteristiknya masing-masing yang memudahkan kita untuk membedakan satu dengan yang lainnya. Tetapi dalam perbedaan itu terdapat fungsi yang sama, yakni ilmu sebagai alat untuk memahami hakikat hidup. Selain itu, semua ilmu memiliki fungsi serupa dalam wilayah empirik dan alat untuk memahami realitas kehidupan. Oleh karena itu, walaupun bermacam-macam disiplin ilmu tidak menunjukan keterpisahan, tetapi hanya pengklasifikasian ilmu saja sebab hakekatnya sumber ilmu semua dari Allah Swt.

Metafora velg roda dengan berbagai komponennya persis seperti ciri dan fungsi ilmu tadi. Jari-jari roda ibarat sejumlah disiplin ilmu yang menopang hakekat hidup yang berada pada lingkaran bagian dalam kehidupan kita. Begitu juga, kajian dalam beragam disiplin ilmu dapat menyentuh kehidupan nyata yang berada pada lingkaran luar kehidupan manusia dan alam semesta. Karenanya, ilmu -baik yang berkembang dari ayat-ayat Kawniyyah maupun Qur'aniyyah- berada dalam satu kepemilikan, yakni milik Allah Swt, bersumber dari kehendak-Nya dan dimanfaatkan manusia sebagai fasilitas hidupnya.

Metafora velg ini mencerminkan sikap optimisme bahwa integrasi keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung sangat relevan dengan hakikat keterkaitan dan keterikatan ilmu. Ilmu pengetahuan yang satu dengan yang lainnya bekerja sama secara simultan dan holistik guna meno-pang tantangan perkembangan zaman. Disparitas perbedaan dalam satuan wilayah keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang beraneka warna (colorful) dibanding perguruan tinggi lain yang hanya mengungkap ayat-ayat kawniyyah tidak lagi menjadi bagian dikhotomis dalam implementasi proses pendidikannya.

Selain itu, harapan dan optimisme yang tersirat dalam metapora velg sebuah roda tercermin dari dinamika velg yang berputar. Putaran ini melambangkan bahwa setiap ilmu yang dikembangkan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung selalu memperluas cakrawala cakupannya. Ilmu-ilmu itu tidak berhenti pada prestasinya yang telah dicapai saat ini, tetapi secara terus menerus melakukan pembaharuan pada dirinya sesuai dengan perkembangan zaman. Dinamika inilah merupakan titik singgung atau arsiran antar ilmu yang dapat ditemukan secara jelas. Ibarat pergeseran posisi sebuah jari-jari roda yang menyentuh area tempat putaran jari-jari lainnya, ilmu yang satu akan saling mengisi dengan ilmu lainnya atau korelasi.

Ketiga, ban luar yang terbuat dari karet melambangkan realitas kehidupan yang tidak terpisahkan dari semangat nilai-nilai ilahiyah dan gairah kajian ilmu. Pada sisi luar ban ini dilambangkan tiga istilah, yaitu iman, ilmu dan amal shaleh sebagai cita-cita luhur yang menjadi target akhir dari profil lulusan UIN. Kekuatan iman berfungsi sebagai jangkar yang dipancang kokoh dalam setiap pribadi lulusan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kekuatan iman ditanamkan melalui suatu upaya pendidikan yang komplementer, mencakup berbagai ikhtiar untuk membangun situasi kampus yang ilmiah dan religius. Kekuatan ilmu merupakan basis yang dimiliki UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mencerminkan dinamika kampus sebagai zona pergumulan para ilmuwan dan cendekiawan yang dapat tumbuh subur dengan menaruh harapan besar pada pengembangan ilmu pengetahuan yang melahirkan generasi 'aliman. Indikator kesuburan ilmu pada lulusan tidak hanya diukur oleh ciri-ciri kecerdasan nalar, tetapi juga oleh komitmen dalam menggunakan ilmu sebagai pembimbing tingkah laku yang memiliki al-akhlak al-karimah.

Sedangkan amal shaleh sebagai wujud perilaku yang terbimbing oleh iman dan ilmu. Seperti halnya iman, ilmu, dan amal shaleh merupakan buah dan proses pendidikan yang dibangun di atas konsep integrasi keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan kekuatan energi yang terpancar dari nilai-nilai Ilahi. Amal shaleh para lulusan benar-benar mencitrakan ketauladanan dan dampak yang luas bagi masyarakat yang membutuhkannya. Ibarat sisi luar ban yang menempel pada permu-kaan bumi, amal shaleh ini akan benar-benar teruji dalam realitas kehidupan nyata.

Dasar pembidangan ilmu yang dikembangkan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung nantinya berorientasi pada usaha memadukan pertama, hubungan organis semua disiplin ilmu pada suatu landasan keislaman; kedua, hubungan yang integral diantara semua disiplin ilmu; ketiga, saling keterkaitan secara holistik semua disiplin ilmu untuk mencapai tujuan umum pendidikan nasional; keempat, keutamaan ilmu pengetahuan yang disampaikan berdasarkan ayat ayat qur'aniyyah dan kawniyyah menjadi landasan pandangan hidup yang menyatu dalam satu tarikan nafas keilmuan dan keislaman; kelima, kesatuan pengetahuan yang diproses dan cara pencapaiannya dikembangkan secara ilmiah akademis; keenam, pengintegrasian wawasan keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan dalam spesialisasi dan disiplin ilmu menjadi dasar bagi seluruh pengembangan disiplin akademis. Semua itu diabadikan untuk kesejahteraan manusia secara bersama-sama yang merupakan tiga komponen utama dari peneguhan iman, ilmu, dan amal shaleh. Dengan ungkapan lain, implementasi proses belajar mengajar pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung dapat menghasilkan kualifikasi sarjana yang memiliki keagungan al-Akhlak al-Karimah, kearifan spiritual, keluasan ilmu, dan kematangan Profesional. Bila metafora roda dalam keilmuan UIN dilihat dari satu aspek mata kuliah seperti yang digambarkan Amin abdullah (2004), maka dapat digambarkan segitiga berikut:
 
Setelah kita melihat kedua gambar di atas, sebagaimana juga UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, baik RODA maupun MATA KULIAH, kita melihat kemungkinan titik temu antara keduanya. Nantinya lewat temuan-temuan terbarunya, ilmu dapat merangsang agama untuk senantiasa tanggap memikirkan ulang keyakinan¬keyakinannya secara baru dan dengan begitu menghindarkan agama itu sendiri dari bahaya stagnasi dan pengaratan. Di samping temuan-temuan Iptek pun dapat memberi peluang baru bagi agama untuk makin mewujudkan konsep-konsepnya secara nyata, di sini letaknya peran wahyu memandu ilmu.

Pada dasarnya, ilmu pengetahuan manusia secara umum hanya dapat dikategorikan menjadi tiga wilayah pokok: Natural Sciences, Social Sciences, dan Humanities. Oleh karenanya, untuk pemberian sebuah universitas, Departemen Pendidikan Nasional mensyaratkan dipenuhi-nya 6 program studi umum dan 4 program studi sosial. Persyaratan ini bagus, tetapi para ilmuwan sekarang mengeluh tentang output yang dihasilkan oleh model pendidikan universitas yang berpola demikian. Sama halnya keluhan orang terhadap alumni perguruan tinggi agama yang hanya mengetahui soal-soal normatif doktrinal agama, tetapi kesulitan memahami empirisasi agama sendiri, lebih-lebih empirisasi agama orang lain, maka UIN sebagai jawabannya yang tepat.

Itulah pokok-pokok fikiran seorang tokoh dan cendekiawan Muslim, Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, Ms.,Guru Besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dua Periode (dari 2003 s.d. 2011),, yang sekarang ini  menjabat sebagai Presedium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan staf ahli Menteri Agama.


Nanat Fatah Natsir dilahirkan di Garut, 11 Desember 1954 dari pasangan H. Muhammad Madin (alm)-Hj. Komariah, beristrikan  Dra. Hj. Ade Aisyah, M.Ag. Beliau mempunyai 4 orang putra/i, yaitu : Ifa Latifah, SE., Mohammad Iqbal, S.Ip., Ita Fitriyyah, S.Si., M.Si. dan Ilham Akbar.

Pendidikan:
• Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cikelet Garut 1967.
• Madrasah Ibtidaiyah Cikelet Garut, 1967.
• Pondok Pesantren As-Sharkowiyah Cikelet Garut, 1962-1967.
• Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 4 tahun Bandung 1971.
• Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) 6 tahun Bandung 1973.
• Sarjana Lengkap (Drs) Fakultas Tabiyah (Pendidikan) Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sunan Gunung Djati Bandung 1980.
• Program Magister (S2) Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Program Studi Ilmu-ilmu Sosial, Kajian Utama Sosiologi, 1988.
• Program Doktor (S3) Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, Program Studi Ilmu-ilmu Sosial, Kajian Utama Sosiologi, 1997.

Pelatihan :
• Pusat Latihan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial (PLPIIS), Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 1983.
• Kewaspadaan Nasional, Jakarta 1985.
• Kepemimpinan Pemuda Tingkat Nasional, Jakarta 1985.
• Penataran P 4 Tipe A Tingkat Nasional, Jakarta 1985.
• Kursus Singkat Angkatan (KSA) XI Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI 2003.
 
Jabatan :
• Staf Kantor Departemen Agama (Depag) RI Kab. Garut 1979.
• Dosen IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1980 – Sekarang.
• Staf Ahli Lembaga Penelitian IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1984.
• Sekretaris Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah II Jawa Barat, 1990 – 1996.
• Wakil Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah II Jawa Barat, 1996 – 1997.
• Pembantu Rektor I IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1999 – 2003.
• Pembantu Rektor IV Universitas Garut (Uniga) 1999 – 2000.
• Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Garut (Uniga) 1999 – 2003.
• Asisten Direktur I Pascasarjana Universitas Garut (Uniga), Program Studi Administrasi Negara, 2000 – 2003.
• Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah II Jawa Barat dan Banten, 2003 -2007/2007-2011.
• Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2003 – 2007/2007-2011.
• Staf Ahli Menteri Agama RI, 2012 – Sekarang.
 
Jabatan Kerjasama antar Lembaga :
• Wakil Ketua Tim Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan State University of New York at Binghamton, New York 2000.
• Wakil Ketua Tim Perintis Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Perguruan Tinggi Az-Zahiq Mesir, 2000.
• Wakil Ketua Tim Perintis Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Adelaide South Australia, 2000.
• Wakil Ketua Tim Perintis Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Qatar University.
• Ketua Tim kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Universitas Padjadjaran, 2003 – sekarang.
• Ketua Tim Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Universitas Pendidikan Indonesia, 2000 – sekarang.
• Wakil Ketua Tim Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Barat, 2001.
• Wakil Ketua Tim Perintis Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan 5 Ormas Islam di Jawa Barat, NU, Muhammadiyah, PERSIS, PUI, dan Matlaul Anwar, 2001.
• Ketua Tim Perintis Kerjasama IAIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Lemhannas.
• Penanggung jawab kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Institut Teknologi Bandung, 2008.
• Penanggung jawab kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Indiana University of Pennsylvania, USA, 2011.
• Penanggung jawab kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan University of Western Australia, 2011.
• Penanggung jawab kerjasama UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Murdoch University Australia, 2011.
 
Penelitian :
• Pendekatan Agama dalam Penyembuhan Pecandu Narkotik di Suryalaya Tasikmalaya (Penelitian tahun 1982).
• Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Jawa Barat (Penelitian tahun 1984).
• Upacara Oblang dalam Adat Pertanian Masyarakat Aceh (Penelitian tahun 1985).
• Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Banten (Penelitian tahun 1986).
• Profile Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Penelitian tahun 2010)
• Perilaku Keagamaan dan Dampaknya terhadap Toleransi Beragama (Penelitian tahun 2011)

Karya Ilmiah :
A. Buku
• Integrasi dan Konflik dalam Adat Masyarakat Aceh (Penerbit : Gunung Djati Press, Bandung, 1999).
• Etos Kerja Wirausahawan Muslim (Penerbit : Gunung Djati Press, Bandung, 1999).
• Etos Kerja Sufisme (Penerbit : Gunung Djati Press, Bandung, 2000).
• Akar Pertumbuhan Masyarakat Demokratis (Wacana Budaya, Agama, Ekonomi, Politik, Pendidikan Era Reformasi di Indonesia), (Penerbit : Gunung Djati Press, Bandung, 2000).
• Sosiologi Agama; Teori dan Praktek (Penerbit : CV. Pustaka Setia, Bandung, 2002).
• Moral dan Etika Elite Politik (Penerbit : Gunung Djati Press, Bandung, 2008).
• Pengembangan Pendidikan Tinggi dalam Perspektif Wahyu Memandu Ilmu (Penerbit : Sunan Gunung Djati Press, Bandung, 2008.
• Metode Sehat dan Penyembuhan Penyakit dengan Positive Thingking (Penerbit : Kutub, Yogyakarta, 2009) Prof. Dr. Nanat Fatah Natsir, MS., dan Mulyana, Lc., M.Ag.
• Yahudi Versus Islam Konflik Agama dan Politik (Penerbit : Sega Arsy, Bandung, 2010) Prof. Dr. Nanat Fatah Natsir, MS., dan Mulyana, Lc., M.Ag.
• Ahmadiyah dalam Realitas Keberagamaan : Study Awal mengenang Mirzam Gulam Ahmad dan Keyakinan Para Pengikutnya (dalam proses penerbitan).
• The Next Civilization : Menggagas Indonesia sebagai Puncak Peradaban Dunia (dalam proses penerbitan)
• Merangkai Tirai Agama Membangun Karakter Bangsa (dalam proses penerbitan)
• Arah Baru Pengembangan Pendidikan di Indonesia (Buku Daras, 2011)

B. Beberapa Artikel Pilihan yang Dipublikasikan
• Integrasi Konflik dalam Adat Pertanian Masyarakat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam LEKTUR STAIN Cirebon SK. No. 69/DIKTI/Kep./2000 Seri X 2000).
• Modernisasi Masyarakat Desa dalam Perspektif Sosiologis (Jurnal Pemikiran Islam dan Kependidikan AL-TA’LIM Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol SK. No. 69/DIKTI/Kep./2000 tanggal 21 Maret 2000 Seri Vol IV No. 08 tahun 2000).
• Integrasi Nilai Adat dan Agama dalam Pola Kepemimpinan Masyarakat Aceh (Mimbar Hukum, Aktualisasi Hukum Islam Ditbinperta Depag RI, SK. No. 53/DIKTI/Kep./1999 tanggal 11 Maret 1999, Seri No. 49 tahun XI 2000 Juli-Agustus).
• Pengaruh Pemahaman Etika Kerja Islam Terhadap Tingkah Laku Kewirausahaan (Studi di Kalangan Pimpinan dan Buruh Perusahaan Muslim di Tasikmalaya), (Jurnal Ilmiah Bidang Keagamaan dan Kemasyarakatan AL-QALAM Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STAIN Sultan Maulana Hasanudin Banten. SK. No. 69/DIKTI/Kep./2000, Seri N0. 86/XV/2000).
• Hubungan Ajaran Tarekat Qadariyyah Wan-naqsabandiyyah dengan Perilaku Ekonomi (Majalah Ilmiah Ta’dib STAIN Prof. Dr. H. Mahmud Yunus Batu Sangkar, SK. No.   /DIKTI/Kep./2000, Seri Vol. 4 Januari – April 2000).
• Mencari Format Kemitraan Perguruan Tinggi Agama dengan Pemerintah Daerah Menyongsong Otonomi Daerah (Jurnal Ilmu Pendidikan Islam LEKTUR, SK. Tanggal 21 Maret 2000 Seri XI/November 2000).
• Etika dan Integrasi Bangsa (Majalah Ilmiah pada Lembaga Penerbitan SESKOAD TNI).
• Puasa di Qatar Modern (dipublikasikan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat, 27 Desember 2002).
• Desentralisasi Pendidikan dan Proposisi Madrasah (dipublikasikan oleh Surat Kabar Bulanan Mandiri No. 41 tahun kedua - November 2002).
• Strategi Pembangunan Pendidikan di Indonesia (dipublikasikan oleh Harian Umum Pikiran Rakyat, 17 Januari 2001).
• Kebudayaan Dalam Masyarakat Berkembang, Al-I’tibar, Bandung 1995.
• Teori Fungsional Talcott Parsons, Al-I’tibar, Bandung 1993.
• Teori Pertukaran Sosial, Makalah Pada Diskusi PPS Unpad Bandung 1993.
• Teori Politik Komunikasi, Makalah Pada Diskusi PPS Unpad, Bandung 1987.
• Ibn Khaldun dan Niccolo Machiavelli Tentang Masyarakat dan Negara, Al-I’tibar, Bandung 1992.
• Etika Agama dan Pertumbuhan Kapitalisme, Artikel dalam Al-I’tibar, Bandung 1994.
• Perilaku Ekonomi Pengamat Tarekat Qadariyah Wan Naqsabandiyah, Makalah Pada Diskusi HMI Komisariat Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1999.
• Etos Kerja Wirausahawan Muslim, Makalah Pada Diskusi Bedah Buku, ICMI Orwil Jawa Barat, 2000.
• Rekonstruksi Kehidupan Ekonomi Purba : Alternatif France F. Berdan, MAkalah Diskusi PPS Unpad, Bandung 1994.
• Mengatasi Kemiskinan Struktural di Indonesia, Makalah Pada Diskusi Bulanan Ulul Albab, Bandung 1992.
• Kewirausahaan Generasi Muda Menghadapi Era Globalisasi, Makalah Pada Seminar KNPI Kab. Sumedang, 19 Agustus 1997.
• Format Kemitraan Civitas Akademika dengan Pemerintah Daerah, Makalah Pada Seminar STAI Laa Raiba Bogor, 27 Desember 1999.
• Kampanye Aman, Tertib dan Damai dalam Pemilu, Makalah Pada Diskusi Politik Pengurus Pemuda Partai-Partai Se-Kabupaten Sumedang, 1999.
• Evaluasi Terhadap Hasil Pemilu di Indonesia, Makalah Pada Seminar Sistem Pemilihan Umum di Indonesia, SESKOAD, Bandung 1995.
• Politik di Indonesia Dalam Perspektif Pemikiran Ibn Khaldun, Artikel dalam Harian Umum Pikiran Rakyat, 1997.
• Pembangunan Politik dan Aparatur Negara Dalam PJP II, Makalah Pada Seminar Reguler SESKOAD, Bandung 1996.
• Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Politik Fundamentalisme Islam di Indonesia, Makalah Pada Diskusi Bulanan Ulul Albab, Bandung 1992.
• Pergeseran Nilai Sosial Budaya Masyarakat Memasuki Era Reformasi, Makalah Pada Seminar Sehari FISIP Unpad, Bandung 1999.
• Peran Mahasiswa Indonesia Menuju Demokratisasi Bangsa, Makalah Seminar Mahasiswa IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1992.
• Aceh Daerah Modal Kemerdekaan RI Menuntut Keadilan, Makalah Pada Seminar dan Lokakarya Pemecahan Masalah Aceh Melalui Rekonsiliasi Dalam Rangka Memelihara Integrasi Nasional Yang Diselenggarakan Oleh Dewan Ketahanan Nasional, Bandung 14 – 15 Februari 2000.
• Gus Dur sebagai Kyai dan Presiden, Artikel Pada Harian Umum Pikiran Rakyat, 1999.
• Peran Mahasiswa Dalam Pembangunan Politik di Indonesia, Makalah Pada Seminar Dua Hari Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Gunung Dajti Bandung, 26 s.d 27 April 1992.
• Reformasi Pendidikan Islam di Era Persaingan Global, Makalah Pada Penataran Praktek Keguruan Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1998.
• Kebijakan Pendidikan Alternatif, Menjawab Krisis Moral, Makalah Pada Diskusi Panel Senat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1998.
• Perguruan Tinggi Menyongsong Millenium Ketiga, Makalah Pada Diskusi di Kalangan Civitas Akademika, IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 17 Mei 2000.
• Peran Fungsional Dosen Dalam Era Reformasi, Makalah Pada Wisuda Sarjana UIKA Bogor, 1999.
• Hambatan Sosial Dalam Pembangunan, Artikel Pada Mimbar Studi IAIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1984.
• Teknologi Pertanian dan Kesiapan Masyarakat Desa, Artikel Pada Al-I’tibar Bandung, 1993.
• Integrasi Nilai Adat dan Agama Dalam Pola Kepemimpinan Masyarakat Aceh, Artikel Harian Umum Pikiran Rakyat 1997.
• Transformasi Nilai-Nilai Sosial Budaya dan Potensi Konflik : Etnik, Agama, dan Gender, Makalah Pada Semiloka Pendalaman Materi Bidang Tugas Legislator Se-Jawa Barat, Bandung 14 Februari 2000.
• Unsur-Unsur Sistem Sosial dan Pendidikan Madrasah, Makalah PPS Unpad, Bandung 1986.
• Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila untuk Integrasi dan Integritas Bangsa: Pandangan Cendekiawan Lintas Agama, Makalah pada Simposium Nasional Kerjasama ICMI Pusat dengan DPD RI, 2011.
• Gerakan Radikalisme Agama: Penanggulangan dan Implikasinya terhadap Kehidupan Beragama dan Berbangsa, Makalah Pada Seminar Nasional “Fenomena Radikalisme di Indonesia dan Upaya Pencegahannya melalui Pembangunan Karakter Bangsa”, 2011.
• Bahaya Terorisme dan Pencegahannya ditinjau dari Aspek Agama dan Sosial Budaya, Makalah pada Seminar Sehari
  Bahaya Terorisme Dalam Upaya Peningkatan Kewaspadaan Masyarakat’, 2005.
• Nasib Pendidikan Indonesia Dalam Persaingan Global, Orasi Ilmiah dalam acara Wisuda STAI Al-Karimiyah Depok, 2007.
• Reformasi Sistem Pendidikan Islam, Orasi Ilmiah dalam acara Wisuda STAISMAN Pandeglang, 2008.
• Pendidikan Holistik Membangun Karakter Bangsa Yang Cerdas, Berakhlak Mulia Dan Bermartabat  Era Globalisasi, Disampaikan dalam acara Seminar Nasional Pendidikan DPP PGMI, 2008.
• Demokrasi dan Kesejahteraan, Makalah pada Silaknas ICMI, Januari 2008.
• Konsolidasi Demokrasi: Tinjauan Sosial Budaya, Makalah pada Silaknas ICMI, 2009.
• Representasi ICMI dalam Membangun Peradaban Islam, Elcendekia Jurnal Pencerahan bagi Umat, 2006.
• Implementasi Paradigma Wahyu Memandu Ilmu Pada Pembidangan  Ilmu-Ilmu Keislaman, makalah pada acara Lokakarya Konsorsium Bidang Ilmu tentang Implementasi Paradigma Wahyu memandu Ilmu pada Pembidangan Ilmu-ilmu KeIslaman, 2007.
• “Filsafat Roda” Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman (Pengalaman UIN Bandung), disampaikan dalam acara Semiloka Paradigma & Epistemologi Ilmu-Ilmu KeIslaman, 2010.
• Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Globalisasi, Disampaikan dalam acara Seminar Internasional, Kerjasama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan Universitas Internasional Batam, 2010.
• Strategi & Arah Kebijakan Pengembangan Akademik di PTAI, Disampaikan dalam Workshop Teknik Penyusunan SAP & Design Pembelajaran Bagi Dosen PTAI di Lingkungan Kopertais Wil II Jabar & Banten, 2010.
• Lingkungan Hidup Berbasis Islam, Disampaikan dalam acara Lokakarya Nasional “Environmental based on Islam to Face Global Warming Impact in Indonesia”, 2010.
• Materi Muatan Dakwah Dalam Hari Besar Islam, Disampaikan dalam acara Workshop Peranan Fungsi Lembaga Hari Besar Islam, 2011.
• Strategi Pengembangan Perguruan Tinggi Berbasis Daya Saing, Disampaikan dalam acara Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris, 2011.
• Merumuskan Landasan Epistimologi Pengintegrasian Ilmu Qur'aniyyah dan Kawniyyah, Disampaikan dalam acara Lokakarya Konsorsium Bidang Ilmu UIN SGD Bandung Tema “Pengintegrasian Pengetahuan Umum dengan Ajaran Agama, 2005.
• Demokrasi Pasca Pemilu 2004 Di Indonesia, Disampaikan dalam Rapat  Kerja Nasional Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2003.
• Catatan Dalam Memahami Strategi Gubernur Jawa Barat Dalam Upaya Meningkatkan IPM Sebesar 80 Pada Tahun 2010, Disampaikan dalam acara Seminar Lima Agenda Utama Jawa Barat, 2005.
• Peranan Agama Dalam Demokratisasi Politik Nasional, Disampaikan Dalam Acara Seminar dan Deklarasi BARINDO Jawa Barat, 2006.
• Model Demokrasi Di Indonesia, Disampaikan dalam acara Seminar Nasional kerjasama ICMI Orda Kota Tasikmalaya dengan STAI Tasikmalaya, 2008.
 
C. Beberapa Makalah yang Dipresentasikan di Forum Ilmiah, Dalam dan Luar Negeri.
• The Relationship The Sufi Order Teaching of Qadariyya Wa Naqsabandiyya and The Economic Activities (Forum: Seminar Internasional Pusat Bahasa dan Kebudayaan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanggal 16 Agustus 2000).
• Re-emergence of Significant Islamic Roles In The Contemporary Muslim Countries (A Review On The Nursi Movement of Turkey and The Qadariyya Wa Naqsabandiyya Order of Indonesia) (Forum: Seminar Internasional Pusat Bahasa dan Kebudayaan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tanggal 16 Agustus 2000).
• The Influence of Understanding Pattern of Islamic Works Etnics on Entrepreneurship Behavior, (Forum: Seminar Internasional Universitas Gajah Mada Yogyakarta tanggal 24 Juni 2000).
• Role and Responsibilities of Higher Education (IHEs) in International Education Development (Forum: Seminar Internasional Pendidikan Perguruan Tinggi Islam Se-Dunia di Paris Perancis tanggal 10 – 12 September 2001).
• Menanti Jiwa Ksatria Calon Pemimpin Sunda (Forum: Dialog Interaktif Mahasiswa Hukum Tata Negara IAIN Bandung, Sabtu 8 Februari 2003).
• Re-orientasi dan Revitalisasi Unsur-unsur Masyarakat Madani dalam Struktur Sosial Masyarakat Jawa Barat (Forum: Simposium Studi Masyarakat Islam Pascasarjana IAIN Bandung, seni 10 Juli 2002).
• Dinamika Gerakan Mahasiswa dalam Perjalanan Sejarah Indonesia (Forum: Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar) BEM KMJ PAI KBM IAIN Bandung, Sabtu 8 Juni 2002).
• Memantapkan Semangat Kebangsaan di Tengah Arus Perubahan Sosial Budaya Bangsa (Penerbitan Buku Forum Kajian SESKOAD TA 2002).
• Strategi Pengembangan Pendidikan dalam Menghadapi Tantangan Global (Forum Silaturahim Idul Fitri 1423 H, HMJ PAI IAIN SGD Bandung).
• Menakar Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan sebagai Pelaksanaan Otonomi Daerah (Forum Silaturahim dan Diskusi Terbuka Pembangunan Garut Selatan, Pamengpeuk Sabtu 8 Juni 2002).
• Tinjauan Aspek Politik Terhadap Pergeseran Nilai Sosial Budaya Masyarakat Memasuki Era Reformasi (Forum: Seminar Sehari Analisa Pergeseran Nilai Sosial Budaya Masyarakat Memasuki Era Reformasi II Fisip Unpad, Bandung tanggal 6 Maret 1999).
• Teologi Mu’tazilah dalam Perspektif Sosiologis (Forum: Diskusi Dosen dan Mahasiswa STAIN Al-Masthuriyah Sukabumi, tanggal 5 Oktober 1998).
• Perguruan Tinggi Agama Islam Menyongsong Milenium Ketiga (Forum Diskusi Dosen IAIN Sunan Gunung Djati Bandung).
• Tantangan Perguruan Tinggi Menyongsong Milenium Ketiga (Forum Diskusi Dosen dan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Garut, tanggal 14 Mei 2000).
• Prinsip-prinsip Teori Pertukaran Sosial (Forum: Diskusi Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu, tanggal 3 Juli 1999).
• Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Perubahan Orientasi Kegiatan dalam Organisasi Tarekat Qadariyyah Wan Naqsabandiyyah (Forum: Diskusi Dosen dan Mahasiswa Universitas Garut, tanggal 18 Maret 2000).
• Pengaruh Pola Pemahaman Etika Kerja Islam terhadap Tingkah Laku Kewirausahaan (Studi di Kalangan Pimpinan dan Buruh Perusahaan Muslim di Tasikmalaya Jawa Barat), (Forum: Diskusi Dosen dan Mahasiswa STAI Laa Raiba tanggal 29 Agustus 2000).
• Reformasi Pendidikan Islam di Era Persaingan Global; Upaya Mewujudkan Pendidikan Profesional (Forum: Diskusi Dosen dan Mahasiswa SMF Tarbiyah, tanggal 24 Maret 2000).
• Menumbuhkembangkan Kewirausahaan di Kalangan Generasi Muda sebagai Relevansi dan Urgensi Kewirausahaan dalam Konteks Pemberdayaan Generasi Muda Menghadapi Era Globalisasi (Forum: Diskusi Pemuda KNPI Sumedang, tanggal 5 Januari 2000).
• Mengimplementasikan Konsep Sila Keadilan Sosial dalam Kehidupan Masyarakat Dapat Memperkokoh Integrasi Bangsa, Lemhannas, Jakarta 2003.
• Peningkatan Wawasan Nusantara di Kalangan Mahasiswa Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional, Lemhannas RI, Jakarta 2003.
• Peningkatan Kualitas Pendidikan dalam Era Globalisasi dapat Memperkokoh Ketahanan Sosial Budaya, Lemhannas, Jakarta 2003.
• Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Sismenas Guna Mewujudkan Supremasi Hukum, Lemhannas, Jakarta 2003.
• Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia dalam Kepemimpinan Formal guna Mendukung Terwujudnya Good Governance, Lemhannas, Jakarta 2003.
• Peningkatan Pemahaman Konsep NKRI dalam Kehidupan Masyarakat Guna Menghadapi Globalisme, Lemhannas, Jakarta 2003.
• Demokrasi dan Pemilu Presiden 2004, Pikiran Rakyat, Bandung 2004.
• Resolution of the International Syimposium “The Heritage of Imam of Abu Hanifa and its Importance in the Dialogue of Civilization”, Dushanbe, October 2009.
 
Penghargaan :
• Satya Lencana Karya 20 Tahun, 2002.
[Ibn Ghifarie/Adeng]