Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Sabtu, 13-Des-2014 | 12:16:27
LPM Gelar AMAI Award 2014

[www.uinsgd.ac.id] Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN SGD Bandung menggelar  Sosialisasi Hasil Amai (Audit Mutu Akademik Internal) sekaligus memberikan penghargaan terhadap Program Studi (Prodi) terbaik urutan 1 sampai dengan 6 di Aula Rektor, Gedung Al-Jamiah lantai I, Kamis (11/9). 

Ini berdasarkan hasil pengisian borang AMAI yang dilaksanakan oleh Prodi yang berlangsung pada bulan Juni sampai dengan Juli, dan visitasi serta penilaian dari para auditor LPM pada bulan Juli,  telah ditetapkan 40 Prodi terbaik hasil AMAI. 

Urutan terbaik Prodi hasil AMAI: Pertama, Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI). Kedua, Bahasa dan Sastra Arab (BSA). Ketiga, Pendidikan Biologi. Keempat, Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Kelima, Pendidikan Matematika. Keenam, Muamalah dan Ahwal Al-Syahkhsiyyah.

Ketua LPM Dr. H. Dindin Jamaludin, M.Ag mengemukakan bahwa kegiatan audit akan dijadikan budaya agar lebih siap menghadapi akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT.  “Sejauh ini, akreditasi Prodi di lingkungan UIN SGD yang memperoleh peringkat A sebanyak 9 prodi atau 21 % dari jumlah prodi S1. Ini perlu terus ditingkatkan untuk mencapai rasio 50% prodi memperoleh nilai A,” tegasnya. 

Bagi Kepala Pusat Audit dan Pengedalian Mutu, Dr. Ramdani Wahyu S, M.Ag menjelaskan hasil AMAI ini menunjukkan mutu Prodi yang ada di lingkungan UIN benar-benar bermutu, layak dan memuaskan. “Ini didukung oleh perolehan hasil AMAI yaitu sebanyak 97% Prodi memperoleh nilai A dan 3 % saja yang memperoleh nilai B. Kepada mereka yang telah memperoleh nilai terbaik yaitu urutan terbaik 1 sampai dengan 6, diberikan Award (penghargaan) berupa materi (uang) pembinaan dan diikutsertakan pada kegiatan Best Practice,” paparnya.

LPM berharap dengan adanya kegiatan AMAI ini, seluruh Prodi dapat termotivasi untuk melihat ke dalam dan memahami dimana posisi mutu akademiknya. “Ke depan, SK Rektor Hasil Amai tentang Peringkat Audit Mutu Akademik di Lingkungan UIN SGD akan dipajang pada setiap tempat untuk diketahui oleh civitas akademika UIN,” pungkasnya.[]