Senin, 4-Jan-2016 | 17:01:51
Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Infrastruktur Jalan

Jalan, baik jalan tol ataupun jalan raya adalah suatu sarana yang penting yang menunjang kehidupan manusia dan aktivitasnya yang juga menjadi tolak ukur dalam pembangunan suatu daerah bahkan Negara. Jalan tol merupakan sarana yang wajib disediakan oleh pemerintah. Dasar hukum jalan tol yaitu Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004.

Menurut Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004, jalan sebagai bagian prasarana transportasi mempunyai peran penting dalam bidang ekonomi, sosial budaya, lingkungan hidup, politik, pertahanan dan keamanan, serta dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Jalan tol diselenggarakan antara lain adalah untuk memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang dan meningkatkan hasil guna dan daya guna pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Demikian halnya dengan pembangunan jalan tol Cisumdawu yang tahap awal pembangunannya dimulai tahun 2012, akan memberikan peran penting dalam pembangunan di Kabupaten Sumedang. Dengan dibangunnya jalan tol Cisumdawu dapat mengurangi tingkat kemacetan jalur Sumedang-Bandung dan sebaliknya, disamping itu juga dapat mengurangi beban jalan Cadas Pangeran yang rawan longsor.

Selain itu pembangunan jalan tol Cisumdawu juga memberikan dampak negatif antara lain dibidang pertanian akan mengakibatkan alih fungsi lahan pertanian seluas kurang lebih 750 Ha dan akan berkurangnya konsumen rumah makan–rumah makan yang berada di sepanjang jalan Jatinangor-Dawuan, yang selama ini sering disinggahi oleh truk-truk barang atau mobil keluarga yang melewati jalur tersebut.

Dengan demikian untuk mengantisipasi dampak negatif terhadap sosial ekonomi masyarakat, yang akan timbul dari pembangunan jalan tol Cisumdawu ini dan agar dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sumedang maka perlu dibuat perencanaan yang baik agar dampak negatif tersebut dapat diantisipasi dari awal. []

Baca selengkapnya hasil penelitian Setia Mulyawan tentang Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Infrastruktur Jalan di laman ini