Selasa, 7-Mar-2017 | 15:39:15
Dr. H Aden Rosadi, M.Ag
Peradilan Agamad di Indonesia

Mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan membutuhkan lembaga peradilan yang dapat menyelesaikan perkara sesuai dengan asas dan prinsip Islam. Keberadaan Peradilan Agama menjadi condition sine quanon karena secara historis merupakan salah satu mata rantai peradilan yang berkesinambungan sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Peradilan agama memiliki asas, prinsip, dan kewenangan penegakan hokum yang bernilai kebaikan dan kemaslahatan bagi manusia. Namun karena sifatnya yang dinamis, Peradilan Agama selalu  mengalami perkembangan  seiring dengan munculnya tantangan permasalahan baru, perkembangan sosiokultural dan  politik, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peradilan Agama berkaitan erat dengan pelaksanaan Hukum Islam di Indonesia. Ia merupakan salah satu pranata Hukum Islam yang menjadi ssatu kesatuan dengan politik Hukum Islam di Indonesia sejak masa kerajaan Islam, seperti Mataram, Banten, Cirebon, dan Aceh. Peradilan Agama sudah ada sejak  zaman colonial Belanda. Undang-Undang Peradilan Agama baru  menjadi bagian integral dari kelengkapan pelaksanaan Hukum Islam di Indonesia pada 1989. Dalam perkembangannya, status, kedudukan, dan kewenangan Peradilan Agama mengalami dinamika yang pelik.

Buku ini membahas tentang proses dan dinamika Hukum Peradilan Agama di Indonesia, juga perkembangan  Peradilan Agama, baik dari sisi institusi maupun kompetensinya. Sebagai bahan pelengkap, buku ini juga menyajikan ‘sekilas’ tentang pelaksanaan syariat Islam dan Mahkamah Syariah di Provinsi Aceh serta perbandingan Peradilan di Negara Islam dan muslim.

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum, praktisi Peradilan Agama di berbagai tingkatan, serta Anda yang tertarik dengan Peradilan Agama.

Judul : Peradilan Agamad di Indonesia

Penulis: Dr. H Aden Rosadi, M.Ag

Penerbit: Simbiosa Rekatama

Cetakan: I, 2015

Tebal: 310 hlm

ISBN : 978-602-7973-21-3