Rabu, 4-Mei-2011 | 14:31:03
Kewirausahaan, Skill yang harus dimiliki oleh Mahasiswa

Mahasiswa merupakan agen penggerak yang akan meneruskan estafeta kepemimpinan di masa mendatang, oleh karena itu harus menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasional yang tangguh. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak dini sebagai modal dasar bagi seseorang yang memajukan negeri ini melalui kegiatan wirausahan.

Begitu pengantar dari Muhammad Sandy Martha, ketua umum jurusan Manajemen saat memberikan pengantarnya untuk kegiatan seminar kewirausahaan di Aula Utama UIN Sunan Gunung Djati, Kamis (05/05/11).

“Hal tersebut merupakan dasar dari kegiatan ini,” tulisnya dalam pengantar kegiatan kewirausahaan.

Sementara itu menurut Prof. Dr. H. Hendi Suhendi, MS., Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, dalam sambutannya mengatakan bahwa kewirausahaan merupakan keahlian yang harus dikuasai oleh mahasiswa oleh karena itu kegiatan-kegiatan seperti ini menjadi tepat untuk memulai langkah menjadi calon wirausahawan.

“Kewirausahaan sebagai keahlian adalah hal yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Kita lihat bahwa kemajuan ekonomi dapat dilihat dari kewirausahaan agar mampu hijrah secara ekonomi kepada keadaan yang lebih baik. Kesejahteraan ekonomi juga dilihat dari kemampuan berwirausahaan seseorang,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kemampuan manajerial hidup seseorang juga dapat dilihat dari manajerialnya dalam kewirausahaan. Prof. Hendi selanjutnya membuka acara seminar tersebut dengan resmi.

Acara bertajuk “Menumbuhkembangkan Jiwa dan Kompetensi Berwirausaha Mahasiswa Melalui Bisnis Retail menghadirkan pembicara dari Pemerintah Daerah Kota Bandung yang akan memberikan kuliah tentang “Pola Kebijakan Pengembangan Ekonomis Masyarakat Jawa Barat melalui Bisnis Retail”, Ketua Pelatihan Koperasi dan UMKM Kota Bandung serta Doktor dalam Bidang Ekonomi Islam, Prof. Dr. Anton Athaillah, SE., MM. ***[dudi]