Rabu, 27-Feb-2013 | 15:13:59
Bidang Kemahasiswaan UIN SGD Bandung Gelar Pra Raker 2013

[www.uinsgd.ac.id] Bidang Kemahasiswaan UIN SGD Bandung menggelar Pra Raker Perencanaan Program Kerja Tahun 2013 yang bertajuk "Mewujudkan Mahasiswa yang Profesional, Kreatif, Mandiri dan Berdaya Saing" yang dibuka secara resmi oleh Rektor, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum., di ANB Hotel & Resort, Jl Cilauteureun No 30 Pameungpeuk Garut, Senin (25/2)  

Dalam sambutannya menjelaskan untuk meneguhkan peran UIN SGD Bandung dalam bidang kemasyarakatan yang melibatkan kemahasiswaan ini. "Kegiatan ini menjadi penting supaya dapat menunjang program UIN SGD Bandung yang unggul dan kompetitif." 

Dalam mewujudkan semua ini, "Keterlibatan bagian kemahasiswaan, civitas akademika menjadi mutlak dalam menunjang terlaksanaannya Tri Dharma Perguruan Tinggi," tegasnya.  

Bagi Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT., Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni menuturkan acara yang dilaksanakan dari tanggal 25-27 Februari 2013 ini, peningkatan kualitas mahasiswa secara bertahap dilakukan melalui pembentukan karakter mahasiswa yang profesional, kreatif, mandiri dan berdaya saing. "Caranya dengan menjadikan mahasiswa itu sebagai subjek dalam proses pendidikan yang selama ini keberadaan mereka sering diposisikan sebagai objek. Salah satu bukti dari memposisikan subjek ini para mahasiswa dilibatkan dalam pra Praker UIN SGD Bandung tahun 2013," paparnya.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Ketua UKM/UKK dan Senat Mahasiswa Fakultas ini diharapkan dari hasil tracer study yang telah dilakukan ini dapat memberikan informasi soft skill agar lulusannya itu lebih mudah bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk meresponnya, maka sektor kemahasiswaan telah menyusun program kerja yang revelan dan terintegrasi dengan kegiatan mahasiswa yang berbasis pada peningkatan kualitas output, yaitu mencetak lulusan dengan daya saing tinggi dan mengakselerasikan visi dan misi universitas.

"Sebanyak 32 peserta yang terdiri dari Ketua UKM/UKK dan Senat Fakultas ikut andil dalam mencipatakn mahasiswa yang mandiri dan berdaya saing," jelasnya.

Untuk pembentukan karakter mahasiswa yang profesional, kreatif, mandiri dan berdaya saing ini M. Husni Farhani Mubarok, M. Si, Ketua KNPI Jawa Barat yang juga alumni UIN SGD Bandung didapuk menjadi pembicara pembentukan karakter mahasiswa yang dipandu oleh Budi Tresnayadi, SH., MH.

Selain pemaparan gambaran secara umum Program Kerja Bidang Kemahasiswaan ini, pada pra Raker ini diberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengusulkan program kerja tahuna 2014 bidang kemahasiswaan pada setiap Fakultas masing-masing, seperti yang diutarakan oleh Drs. Afgoni, M. Ag, Pembantu Dekan III Fakultas Ushuluddin, "Baru pertama kali mahasiswa diikutserakan dalam kegiatan ini untuk mengusulkan program tahun 2014 supaya lebih bertanggungjawab dengan apa yang diusulkannya. Mari kita dukung segala kegiatan mahasiswa yang berorientasi kepada hal-hal yang positif dan mencerdaskan dan bisa ikut dalam menciptakan kultur akademik yang lebih baik," pungkasnya.  [Ibn Ghifarie]