Jumat, 5-Jul-2013 | 15:07:10
36 Hafidz/Hafidzah Ikuti Seleksi Tahfidz Al-Quran

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 36 hafidz/hafidzah mengikuti seleksi Tahfidz Al-Quran ke UIN SGD Bandung. "Ada 36 peserta yang mengikuti test tahfidz ini mulai dari yang hafal Al-Quran 3 juz sampai 30 juz," ungkap Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, Drs. H. Habuddin, M. Si saat meninjau pelaksanaan ujian di ruang Sidang Universitas, gedung Rektorat lantai II, Jumat (5/7).

Kepala Biro menjelaskan "Sebelumnya melaksanakan test tahfidz ini mereka yang berjumlah 36 telah mengikuti test tulis jalur mandiri ke UIN SGD Bandung kemarin, kamis 4 juli 2013 di gedung Al-Jamiah lantai III," tuturnya.

Ketiga puluh enam peserta itu diuji oleh 7 orang; K. H. Abdul Mujib, M. Ag, Cecep Anwar, M. Ag, Drs. Deden Suparman, MA, Drs. Saeful Anwar, M. Ag, H. Muslih, MA, Drs. H. Darojat, MA dan Faisal Fikri, M. Ag dengan materi penilaian; Makharijul Huruf, Sifatul Huruf, Ahkamul Huruf dan Ahkamul Mad wal Qashar.

Kepala Biro menambahkan untuk yang hafal 30 juz;  Pertama, Moch. Adlan As'ari (Pilihan I Pendidikan Agama Islam dan Pilihan II Tafsir Hadits). Kedua, Hanif Habubulloh (Pilihan I Kimia dan Pilihan II Biologi). Ketiga, Qurrata A'yun (Pilihan I Teknik Informatika dan Pilihan II Manajemen Keuangan Syariah). Keempat, Wildan Rahmat Fauzi (Pilihan I Tafsir Hadits dan Pilihan II Bahasa dan Sastra Arab). Kelima, Peri Purnama (Pilihan I Teknik Informatika dan Pilihan II Bahasa dan Sastra Arab). Keenam, Asri Chaerunnisa (Pilihan I Tafsir Hadits dan Pilihan II Bahasa dan Sastra Inggris); 27 juz Aman Abdulrohman (Pilihan I Pendidikan Agama Islam dan Pilihan II Bahasa dan Sastra Arab); 20 juz Muhamad najib S (Pilihan I Pendidikan Agama Islam dan Pilihan II Manajemen Pendidikan Islam); 12 juz, Pertama, Lia Nurmalia (Piliahn I Pendidikan Bahasa Inggris dan Pilihan II Pendidkan Biologi). Kedua, Nur Robiatul Afiyah (Pilihan I Pendidikan Kimia dan Pilihan II Pendidikan Fisika). Ketiga, Talina Zulfah Khoir (Pilihan I Pendidikan Matematika dan Pilihan II Pendidikan Biologi). Keempat, Saripa (Pilihan I Pendidikan Agama Islam dan Pilihan II Pendidikan Bahasa Arab). "Ada 6 orang yang hafal 30 juz, 1 orang yang hafal 27 juz, 1 orang yang hafal 20 juz dan 4 orang yang hafal 12 juz," jelasnya.  

Saat ditanya apakah ada jaminan yang hafal 30 juz pasti lulus dan diterima di UIN SGD Bandung. "Semunya tergantung dari hasil test tulis. Ujian Tafhidz Al-Quran ini hanya membuktikan apakah data yang dicantumkan pada saat mendaftar itu seseuai dengan hafalannya. Misalnya mereka yang hafal 30 juz. Ketika di test hafalannya sesuai 30 juz, maka menjadi prioritas untuk masuk ke UIN," sambungnya.

Rencananya untuk kedepan seleksi Tahfidz Al-Quran ini, "Bagi mereka yang mengikuti test ini akan diberikan tunjangan beasiswa dan di asramakan," pungkasnya. [Ibn Ghifarie]