Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Kamis, 28-Des-2017 | 07:27:37
PMTA Siapkan Lulusan MKS Berkualitas

[www.uinsgd.ac.id] Jurusan Manajemen Keuangan Syariah menggelar Pemantapan Mahasiswa Tingkat Akhir (PMTA) Prodi MKS  bagi mahasiswa MKS semester tujuh. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Fakultas Syariah dan Hukum, Kamis (21/12/2017) ini diikuti oleh seluruh Mahasiswa/I MKS  angkatan 2014 yang terdiri dari enam kelas.

Kegiatan PMTA kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Untuk ketiga kalinya ini PMTA Prodi MKS menghadirkan Ketua Juruan MKS, Deni KamaludinYusup dan Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum, Anthon Athoillah sebagai pembicara. Selain itu juga turut hadir Sekretaris Jurusan, Dadang Husein Sobana dan Wakil Dekan I, Ahmad Hasan Ridwan yang membuka acara secara resmi.

Sekretaris Jurusan MKS, Dadang Husein Sobana dalam sambutannya mengatakan bahwa PMTA ini merupakan salah satu strategi agar mahasiswa MKS bisa menghadapi Ujian Komprehensif dengan baik. Ia berharap dengan PMTA ini seluruh mahasiswa MKS dapat memiliki pemahaman tentang kisi-kisi ujian komprehensif dan ujian munaqosah.

Dalam sambutannya Wakil Dekan I, Ahmad Hasan Ridwan mengatakan bahwa terkait achievement motivation, Ia memberikan empat tips sukses yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerjas tuntas, dan kerja ikhlas.

Selanjutnya Ketua Jurusan MKS, Deni Kamaludin Yusup memberikan materi mengenai Persiapan Pra Ujian Komprehensif dan Munaqosah. Ia memaparkan kisi-kisi yang biasa keluar dalam Ujian Komprehensif, dan  juga persiapan mental bagaimana menghadapi sidang komprehensif dan sidang munaqosah.

“Pemberian motivasi pada mahasiswa tingkat akhir ini sangat penting diberikan dan kegiatan ini hanya ada dijurusan MKS,” Ujarnya. Menurut Kajur MKS tersebut yang paling penting adalah bagaimana lulusan MKS mampu berkompetisi setelah lulus. Bukan semata-mata bagaimana proses belajar mereka di perkuliahan, tetapi lulusan MKS ketika lulus harus punya karakter, punya keunggulan dan daya saing.

Disamping pembekalan dua hal tersebut, Ketua Jurusan MKS Deni Kamaludin Yusup juga memberikan motivasi, menumbuhkan kembali semangat dan rasa percaya diri mahasiswa MKS tingkat akhir menjelang lulus agar mereka tidak bingung setelah lulus harus ngapain. Selanjutnya, memberikan materi mengenai seeking job opportunities.

“Mereka semua itu second amazing class. Mereka angkatan kedua terbaik yang dimiliki MKS, luar biasa solid, luar biasa kompak. Makanya saya gak mau punya generasi sebaik ini disia-siakan. Saya harap mereka memiliki kecintaan ke almamater dan mewariskan seluruh sifat-sifat baik tersebut pada angkatan dibawah mereka.” tutup Ketua Jurusan MKS, Deni Kamaludin Yusup. (Elsa Yulandri)