Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Senin, 27-Nov-2017 | 08:13:48
LPM Suaka Raih Penghargaan Pers Mahasiswa Tingkat Nasional

[www.uinsgd.ac.id] Delapan media kampus ditetapkan sebagai juara dalam ajang Kompetisi Pers Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Tingkat Nasional 2017. Ajang ini digelar Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam bersamaan dengan International Islamic Education Expo (IIEE) di ICE BSD City, Serpong. 

Pemenang kompetisi diumumkan pada malam pemberian Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2017.  Ada dua kategori kompetisi, yaitu: Media Platform dan Karya Jurnalistik. Kategori pertama terdiri dari Media Cetak dan Media Online. Kategori kedua mencakup: In Depth News, Feuture, Opini, Foto Jurnalistik, Disain visual (Cover/Layout/Tata Wajah) dan Kartun Opini.

Majalah terbitan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Universitas Nurul Jadid (UNUJA), Paiton, Probolinggo, terpilih sebagai Media Platform Cetak Terbaik. Untuk Media Online Terbaik diraih www.suakaonline, LPM UIN Sunan Gunungjati Bandung.

Plt. Direktur Diktis Imam Safei mengaku bangga dengan geliat dan prestasi lembaga pers mahasiswa. “Kompetisi ini adalah ajang strategis untuk menunjukan kualitas mahasiswa dalam pengelolaan media, konsistensi terbit, dan komitmen kuat aktivis pers kampus PTKI,” katanya. 

Dalam ajang Kompetisi Pers Mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Direktoral Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama, Rabu (22/11/2017) di Hotel Santika BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

LPM Suaka berhasil meraih empat kategori juara, terdapat dua kategori kompetisi. Pertama, kategori Media Platform yang terdiri dari Media Cetak dan Media Online. Kedua, kategori Karya Jurnalistik, diantaranya: In Depth News, Feuture, Opini, Foto Jurnalistik, Cover/Layout/Tata Wajah, Kartun Opini. Suaka berhasil masuk kedalam dua kategori tersebut, dan berhasil menjadi juara. 

Di kategori pertama LPM Suaka berhasil meraih Juara I kategori media online. Selain itu lembaga pers mahasiswa yang tahun ini sudah menginjak usia 31 tahun itu, juga meraih tiga kategori lainnya. Diantaraya, Juara II kategori cover, Ismail Azizi, Juara II kategori feature, Nolis Solihah, dan Harapan I kategori media cetak.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak 20 – 23 November, selama tiga hari tersebut peserta diwajibkan mengikuti tahap presentasi dan wawancara setelah sebelumnya mengikuti proses seleksi administrasi yang dilaksanakan sejak 12 Oktober hingga 25 November.

Pemimpin Umum LPM Suaka, Isthiqonita mengungkapkan bahwa, peraihan tersebut dipandang sebagai capaian sekaligus tamparan agar Suaka terus membenah diri dan menjadi lebih baik sebagai pers mahasiswa. Hal ini juga menurutnya tidak akan terjadi tanpa pihak-pihak yang terus mendukung Suaka baik pengurus, anggota, dan pembaca Suaka itu sendiri.

“Saya bersyukur suaka terus berupaya melakukan inovasi diberbagai bidang khususnya di lingkup media online, sehingga bisa meraih juara pertama dalam perlombaan tersebut,” pungkasnya. [Diktis, Hasna Salma, Dadan M Ridwan/Suaka]