Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Senin, 25-Sep-2017 | 08:02:56
Himatif Gelar Tablig Akbar

[www.uinsgd.ac.id] Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) UIN SGD Bandung gelar tabligh akbar sebagai puncak acara Semangat Islam (Salam) Informatika di gedung Aula Anwar Musadad, Jumat (22/9/2017). Salam Informatika merupakan program kerja bidang Sosial dan Rohani HIMATIF UIN SGD Bandung yang bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Masjid (LDM) UIN SGD Bandung.

Ketua Pelaksana Salam Informatika, Rahmalia Ahmadi mengatakan acara ini digelar untuk memperingati tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 21 September lalu. “Bertepatan dengan 1 Muharram, selain itu kita juga ingin membuktikan bahwa informatika juga bisa loh ngadain acara keagamaan,” paparnya.

Melalui tema yang diusung yaitu “Berhijrah Sepenuh Hati Menuju Kehidupan yang Lebih Islami” Rahmalia berharap peserta menjadi lebih memahami arti kata berhijrah yang sebenarnya dan dapat menyongsong tahun baru dengan berbenah diri ke arah yang lebih baik. “Di tahun yang baru ini hati kita juga berubah, makanya diangkat temanya berhijrah. Membenahi diri menyambut tahun baru,” jelasnya.

Ustad kondang, Evie Efendi dan aktor film Tausyiah Cinta, Zaki Ahmad Rivai dipilih menjadi pembicara dalam tabligh akbar tersebut. Dalam tausyiahnya, Evie Efendi dan Zaki Ahmad Rivai menyampaikan dua materi yang berbeda tapi saling berkaitan, yaitu mengenai hijrah dan istiqomah. Rahmalia menjelaskan kedua materi tersebut dipilih agar saling melengkapi. “Orang itu setelah hijrah cobaannya makin banyak. Makanya kita juga mengambil tema istiqomah agar mereka tahu bagaimana hijrah yang sebenarnya dan bagaimana caranya untuk tetap istiqomah,” ungkapnya.

Pesertanya bukan hanya mahasiswa UIN SGD Bandung, tetapi juga masyarakat umum dan mahasiswa dari kampus lain di Bandung. Salah satunya mahasiswi dari kampus BSI, Elsa Juliani Fatimah yang mengaku baru pertama kali mengikuti kajian. “Ingin menambah ilmu lagi terus ingin lebih tahu hijrah itu kayak gimana. Ingin tahu acara kajian itu kayak gimana, karena sebelumnya belum pernah ikutan acara kajian,” kata Elsa. Dirinya juga merasa lebih termotivasi dan semangat untuk berhijrah setelah mengikuti tabligh akbar.

Selain tabligh akbar, acara Salam Informatika juga dimeriahkan dengan berbagai lomba Muslim Competition yang digelar pada Kamis (21/9/2017) lalu. Lomba-lomba tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori I untuk peserta dengan usia 6-12 tahun dan kategori II dengan peserta antara 16-25 tahun. Kategori I ada lomba Dacil (Dai Cilik) dan Tahfidz Cilik, sedangkan kategori II meliputi lomba Dai, Tahfidz, dan Poster Dakwah. Tabligh akbar pun ditutup dengan pembagian hadiah kepada para pemenang Muslim Competition tersebut. (Ayu Isnaini, Dadan M. Ridwan/Suaka)