Rektor Corner
Peran mahasiswa yang begitu populer sebagai agent of change. Banyak terjadi perubahan-perubahan dahsyat berkat kerja keras para mahasiswa. Dari dulu sampai sekarang, mahasiswa menunjukkan perannya yang sangat vital dalam...next »



e-Journal



Jumat, 12-Mei-2017 | 06:43:22
UIN Terima Kunjungan SMAN 1 Muara Gembong

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 60 Guru dan Tenaga Kependidikan serta 130 Siswa-siswi rombongan dari SMAN 1 Muara Gembong Bekasi, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan kunjungan ke UIN SGD Bandung dalam rangka Silaturahim dan Studi Tour untuk mendapatkan informasi mengenai seputar Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN SGD Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag., Kepala Bagian Akademik, Drs. H. Wawan Hermawan D.S., di Ruang Sidang O. Djauharuddin AR, Kamis (10/05/2017) .

Rektor, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Guru dan Siswa SMAN 1 Muara Gembong Bekasi yang telah melaksanakan kunjungan dalam rangka silaturahim dan mendapatkan informasi seputar PMB UIN Sunan Gunung Djati Bandung. "Saat ini kita sedang berada dikampus I dengan luas kurang lebih 8 Ha, dengan jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 24.000, dari 8 Fakultas dan Program Pascasarjana, 44 Prodi Umum dan Agama, sekitar 66 Prodi kalau dengan Pascasarjana", tuturnya.

Dengan potensi sumberdaya Dosen kurang lebih 850 orang yang 60% diantaranya sudah bergelar Doktor,  UIN SGD Bandung juga telah 33 Guru Besar yaitu Jumlah Guru Besar terbanyak setelah UIN Jakarta. Melalui program percepatan Guru Besar, Rektor yakin jumlah Guru Besar akan segera bertambah, selain meningkatkan terus kualitas sumberdaya manusianya, UIN SGD Bandung juga telah memiliki infrastruktur sarana prasarana yang memadai yaitu kampus II dengan luas 29 Ha dimana akan menjadi tempat untuk dibangunnya Gedung Pascasarjana yang baru, Rumah Sakit dan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat yang sedang dipersiapkan.

"Tercatat sebanyak 83.000 Siswa yang mendaftar ke UIN SGD Bandung melalui 5 jalur, namun yang diterima hanya 6.000 calon mahasiswa, artinya sudah 1:12, kompetisi dengan yang lain sangat berat, apalagi untuk jalur mandiri tahun ini akan menggunakan tes Computer Based Test (CBT)",  ungkap Rektor.

Namun, Rektor berharap agar siswa-siswi dari SMAN 1 Muara Gembong Bekasi dapat berkompetisi dengan baik sehingga bisa masuk ke UIN SGD Bandung. "Dan tidak hanya sekedar masuk menjadi mahasiswa UIN SGD Bandung, akan tetapi bisa serius belajar sehingga memperoleh hasil yang baik dan prestasi yang membanggakan", tuturnya. 

Rektor juga menegaskan bahwa lulusan-lulusan UIN SGD Bandung sudah banyak berkiprah baik yang sudah bekerja diberbagai bidang sesuai kompetensinya dan yang melanjutkan studi baik didalam negeri maupun luar negeri. "Selain itu, UIN SGD Bandung bercita-cita untuk mencetak Ulama Aktual yang tidak hanya hebat di podium tetapi juga mahir menggunakan IT", ungkap Rektor.

Sementara itu, Rokib, M.Pd, Wakasek Bidang Kurikulum SMAN 1 Muara Gembong Bekasi menjelaskan maksud dan tujuan dari kunjungan Sekolah tersebut. Ia menuturkan bahwa ini kunjungan ke UIN SGD Bandung adalah agenda rutin tahunan, sebagai salah satu Universitas yang difavoritkan oleh sebagian besar siswanya. "Kami sangat bangga dan merasa terhormat karena kunjungan kali ini kami dapat diterima langsung oleh Bapak Rektor beserta jajarannya, ini suatu kehormatan bagi kami, karena ini jarang terjadi kunjungan dari kami diterima langsung oleh Pimpinan Universitas", ungkapnya. Rokib, M.Pd., menyatakan bahwa minat siswa untuk melanjutkan studi kian meningkat salah satunya karena 30% Guru yang mengajar di SMAN 1 Muara Gembong adalah alumni UIN SGD Bandung. Ia berharap agar kunjungan silaturahim ini memberikan kebaikan dan membuat jalinan komunikasi antara kedua belah pihak kian terbuka, dan lebih banyak siswanya yang diterima di UIN SGD Bandung. [Humas Al-Jamiah]