Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Rabu, 3-Jan-2018 | 10:38:56
UIN SGD Gelar Upacara Peringatan HAB ke-72

[www.uinsgd.ac.id] Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-72 Kementerian Agama pada tanggal 3 Januari 2018, UIN SGD Bandung menggelar Upacara HAB bertajuk "Tebarkan Kedamaian" di depan gedung Anwar Musaddad, Rabu (3/1)

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan HAB. Dalam sambutannya Menteri Agama RI, mengamanatkan "Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian," ujar Menag seperti yang dibacakan Rektor.     

Pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki.

"Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera," ujarnya.

Pesan kedamaian ini makin terasa penting untuk digaungkan agar kita tidak terjerembab dalam kubangan perseteruan dan jebakan permainan atas nama agama. "Kalaulah belum sanggup mengatasi pertentangan dengan seruan damai, setidaknya marilah mendamaikan diri sendiri dari nafsu angkara murka, syak wasangka, tingkah yang pandir, sifat-sifat batil, ataupun tangan yang jahil," tegasnya.

Dalam kesempatan ini Rektor yang didampingi oleh Wakil Rektor memberikan piala penghargaan untuk enam cabang perlombaan: Bulutangkis; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Juara 1), Al-Jamiah (Juara 2), Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Juara 3), Tenis Meja; Fakultas Syariah dan Hukum (Juara 1), Al-Jamiah (Juara 2), Fakultas Ushuluddin (Juara 3), Catur; Fakultas Ushuluddin (Juara 1), Fakultas Syariah dan Hukum (Juara 2), Fakultas Adab dan Humaniora (Juara 3), Voli; Fakultas Adab dan Humaniora (Juara 1), Al-Jamiah (Juara 2), Fakultas Sains dan Teknologi (Juara 3), Futsal ; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Juara 1), Al-Jamiah (Juara 2), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juara 3), Sepakbola; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Juara 1), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Juara 2). [Humas Al-Jamiah]