Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Selasa, 18-Apr-2017 | 09:24:41
Tingkatkan Layanan Prima untuk Satker yang Bersih Melayani

[www.uinsgd.ac.id] Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung terus proaktif dan komitmen melakukan reformasi birokrasi dan tata kelola manajemen profesional, proporsional dan terintegrasi melakukan evaluasi dan refleksi terhadap kebijakan pimpinan  2016. Dengan menggelar Rapat kerja (Raker) di Ciwidey Valley Resort & Hotel, Kabupaten Bandung 17-19 April 2017.

Kegiatan yang melibatkan seluruh Satuan Kerja (Satker) itu, mengambil tema” Kepatuhan terhadap Regulasi dan Peningkatan Layanan Prima Menuju Percepatan Terwujudnya Satker yang Bersih Melayani”

Rektor UIN Bandung Prof.Dr.H.Mahmud,M.Si mengingatkan jajarannya agar semua unit kerja menjaga profesionalisme, komitmen dan konsisten bekerja sama dan  sama sama bekerja untuk kepentingan lembaga, demi mengimplementasikan  visi misi lembaga yang sudah dicanangkan bersama. Rektor juga meminta kepada para Dekan untuk tidak asal merekrut pegawai yang pada akhirnya menjadi beban lembaga, tapi harus merekrut pegawai berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan stok atau kekerabatan.

"Mari semua sinergis dan komitmen melakukan terobosan dan inovasi untuk kepentingan lembaga bukan kepentingan pribadi, agar Visi Misi UIN bandung terealisasi dan punya daya saing serta unggul," ajak Rektor saat membuka Rapat kerja di Ciwidey.

Dijelaskan, untuk mewujudkan Badan Layanan Umum (BLU) yang sehat maka harus inovatif dan kreatif mencari sumber sumber pemasukan dana  dari luar salah satunya dengan Corvorate Social Responsibility (CSR). Rektorpun merasa prihatin dengan keberadaan Team IT yang belum optimal dalam kinerja nya. "Team IT kita masih perlu dibenahi, padahal, lulusan IT dari Sains dan teknologi punya kemampuan dan berkualitas, sayangnya, mereka lebih banyak di pakai diluar dari pada di lembaga kita," ungkap Rektor. 

Karena itu, Rektor mengintruksikan bagian Team Ilmu Teknologi (IT) untuk bisa bekerja maksimal mengaplikasikan semua kegiatan satuan kerja bisa online dan terakses dengan baik. "Sebaiknya lulusan Fakultas Sains dan Teknologi aja kita manfaatkan, dari pada di gunakan di luar, mereka bagus dan punya kemampuan IT,” pinta Rektor.

Kabag Umum, Drs.H.Fathujaman,M.Ag merespon positif rapat kerja dengan berharap "Raker bisa  menjadi momen strategis untuk mengevaluasi dan menajamkan program program kedepan, serta tiap satun kerja akan lebih tahu tentang apa yang kan dilakukan kedepan, Sebab, sebelumnya sudah di beri wawasan salah satunya sosialisasi Remunerasi. Bukan hanya itu, rapat kerja juga bisa membangun  suasana lebih harmonis dan akrab antara pimpinan dan bawahan, atau sesama satuan kerja," tegasnya.

Ketua LP2M Dr.Munir, Raker sebagai tradisi untuk mengevaluasi kegiatan, baik sedang berjalan maupun kedepan, Ia berharap dengan raker para dosen lebih meningkatkan penelitian dan pengabdian.Sebab, lanjut Dia, penelitian bukan hanya sebagai peneliti saja, melaporkan secara akademik, akan tetapi ada anggaran yang digunakan, sebab itu ketepatan waktu yang harus di patuhi oleh para peneliti. "Penelitian bukan sekedar meneliti atapi ada teknik dan metode ang harus dikuasai dan dikembangkan dan di publikasikan atau dipresentasikan ke publik,  begitu juga masalah aturan yang harus di patuhi,” ujarnya.

Munir meminta agar para dosen sebagai peneliti bisa komitmen dan terus meningkatkan penelitiannya, sehingga dana yang digunakan bukan hanya dari LP2M tetapi bisa dari luar lembaga.

Ketua Pusat Bisnis UIN Bandung Drs. Aam Abdilah berharap hasil raker bisa dibuktikan terhadap aset aset yang dikelola pusat bisnis yakni dua program utama yang bisa menambah pendapatan BLU yakni membangun Super Market dan mengekplorasi aset UIN SGD untuk mengelola Air mineral menjadi produk unggulan tahun 2017.Rencananya dengan melakukan kerjasama dengan Al-Ma’soem.

Kabag Akademik Drs.Wawan H berharap dengan raker semua usulan dan masukan dari 5 komisi atau para ketua satker sepanjang lebih baik kedepan  dan terakomodir di RKA-K/L  harus direalisasikan serta tetap konsisten, komitmen serta mematuhi regulasi yang ada maka UIN Bandung kedepan akan unggul dan kompetitif.

Ketua Prodi Filsafat Agama,  Muhlas,M.Hum,  raker harus lebih baik, karena mengevaluasi program tahun lalu dan melakukan plening lebih bagus untuk 2018. Begitu juga harus mengedepankan profesionalisme, berintegritas dan berkemajuan untuk lembaga agar unggul dan kompetitif sesuai visi misi yang di usung.

Ketua  Prodi Ilmu  Alquran Tafsir, Dr.Ali Masrur  berharap rapat kerja menjadi moment untuk mengevaluasi, sehingga semua program berjalan dan target bisa tercapai, begitu juga harus melibatkan  mahasiswa dalam setiap even nasional maupun internasional,"pungkasnya.. (Humas Al-Jamiah/Harry)