Rektor Corner
Peran mahasiswa yang begitu populer sebagai agent of change. Banyak terjadi perubahan-perubahan dahsyat berkat kerja keras para mahasiswa. Dari dulu sampai sekarang, mahasiswa menunjukkan perannya yang sangat vital dalam...next »



e-Journal



Sabtu, 13-Mei-2017 | 07:36:42
Seminar Kebangsaan dan Reuni Akbar Menwa

[www.uinsgd.ac.id] Wakil Rektor III, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., membuka Kegiatan Seminar Kebangsaan dan Reuni Akbar Korps Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi Berdiri Sendiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung dengan tema "Internalisasi Nilai-nilai Kebangsaan dan Keagamaan Demi Terciptanya Bangsa Indonesia yang Maju dan Sejahtera", pada Jumat (12/05/2017) bertempat di Aula Anwar Musaddad.

Dalam sambutannya Warek III menyatakan bahwa even seminar kebangsaan dan reuni akbar yang dilaksanakan oleh Menwa ini sangat penting dalam rangka merekatkan kembali nilai-nilai kebangsaan, persatuan dan penegakkan (Negara Kesatuan Republik Indonesia) NKRI, sehingga kekhawatiran akan krisis kebangsaan yang hari ini ditenggarai terjadi tidak akan terjadi khususnya dilingkungan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

"Saya katakan sebetulnya bangsa kita termasuk saya lihat prototype nilai kebangsaan mahasiswa UIN, nilai kebangsaannya sangat luar biasa tinggi, saya tidak meragukan sama sekali dan saya yakin teman-teman di UIN Bandung ini terutama yang dimotori oleh Mahawarman pasti mengatakan Pancasila, NKRI, Kebhinekaan adalah harga mati", optimisnya.

Mahasiswa dinilainya sudah begitu arif dan cerdas memahami konsidi politik bangsa Indonesia, persoalan yang terjadi adalah karena bias politik dan politik transaksional para elit yang kian marak terjadi di even-even Pilkada khususnya yang berimbas pada krisis kebangsaan dewasa ini.

Diakhir sambutannya, Warek III memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Panitia Pelaksana Kegiatan khususnya dan kepada para Korps Alumni Menwa UIN SGD Bandung yang telah berkiprah dibidangnya masing-masing membawa nama baik kampus UIN SGD Bandung. 

Ketua Korps Alumni Menwa UIN SGD Bandung, Kolonel Laut. TNI. Drs. Ian Heryawan,dalam sambutannya merasa bangga kepada para juniornya yang memiliki gagasan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. "Semoga aktivitas kita ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan, kontribusi yang positif untuk kebaikan kita bersama, khususnya dilingkungan kecil Resimen Mahasiswa di UIN ini dan juga bagi civitas akademika UIN SGD Bandung, dan lebih jauh lagi memberikan kontribusi yang positif bagi kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara", tuturnya.

Ia berharap agar kegiatan ini tidak hanya menjadi meomentum untuk bersilaturahim antar para Alumni tetapi juga dengan mengikuti kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan jiwa pengorbanan dan rasa cinta tanah air.

Selain dihadiri oleh para Alumni Menwa UIN SGD Bandung dari berbagai angkatan, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Menwa dari berbagai kampus diwilayah Jawa Barat. [Humas al-Jamiah]