Rektor Corner
Apa yang dapat dilakukan oleh para insan pendidikan Islam untuk menjauhkan murid-murid dari tindakan yang berpotensi mengarah pada terorisme atau penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai...next »



e-Journal



Sabtu, 15-Apr-2017 | 07:45:04
Sainstek Kembangkan Biodiversitas Berbasis Kearifan Lokal

[www.uinsgd.ac.id] Dalam upaya mengembangkan bidang ilmu biologi di Indonesia, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui Jurusan Biologi menggelar kegiatan Seminar Nasional Biologi (Semabio) Tahun 2017  bertajuk "Pemanfaatan Biodiversitas Berbasi Kearifan Lokal", pada Kamis (13/04), di Gedung Anwar Musaddad. Seminar yang merupakan tahun kedua ini diikuti oleh 190 karya tulis makalah yang disampaikan dalam sesi pararel dan 46 makalah pada sesi foster dari berbagai Perguruan Tinggi, lembaga penelitian, dan praktisi ilmu biologi.

Dekan, Dr. H. Opik Taufik Kurahman, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan bahwa Indeonesia dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa, selayaknya dapat mengeksplorasi, menjaga, emanfaatkan dan melestarikannya untuk kesejahteraan masayarakat secara luas. Keragaman budaya serta kearifan lokal yang dimiliki oleh masayarakat adalah potensi untuk menjaga keberlanjutan sumber daya hayati agar tetap lestari.

Dalam upaya mencapai visi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berupaya mencetak generasi unggul dan kompetitif dengan berlandaskan keilmuan "Wahyu Memandu Ilmu", Civitas Akademika Sainstek menurut Dekan dibekali landasan berpikir yang prinsipil diantaranya: Pertama, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan merupakan tugas pengabdian ilmuan kepada Allah sebagai Khalifah fi al-ard. Kedua, penelitian ditujukan untuk mengungkap ke-Maha Kuasaan Allah. Ketiga, penelitian terhadap ayat-ayat Allah merupakan satu kesatuan sistem sumber yang tidak mungkin ada pertentangan antara satu dengan yang lainnya. Keempat, penelitian yang benar pada mikro dan makro kosmos adalah penelitian yang mampu menangkap bukti ke-Maha Kuasaan Allah.

"Oleh karena itu, dalam upaya implementasi prinsip-prinsip tadi dalam seminar ini, sebagai bagian dari keluarga besar FST, Jurusan Biologi menunjukkan kontribusinyasecara nyata dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah yang dikemas dalam Seminar Nasionar", tuturnya.    

Dengan mengundang Narasumber Prof. Dr. Ir. H. J. Heeres, dari Chemical Engineering Departement, University of Groningen, Belanda, Ramadhani Eka Putra, Ph.D., dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung, dan Dr. Ana Widiana, Dosen Sainstek, Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Seminar tersebut diikuti antusias oleh peserta yaitu para Dosen dan Mahasiswa. [Humas Al Jamiah]]