Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Rabu, 27-Des-2017 | 06:39:50
Reuni Akbar & Pelantikan Pengurus Pusat IKA

[www.uinsgd.ac.id]Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung dari berbagai angkatan berkumpul dalam reuni akbar. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pelantikan kepengurusan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN-SGD Bandung periode 2017-2022.

Ketua IKA baru, Reni Marlinawati mengatakan, kepengurusan baru akan melaksanakan berbagai program strategis dalam lima tahun ke depan. Kegiatan-kegaitan tersebut dalam rangka membantu mempersipakan para adik-adik alumni ketika lulus dari kuliah.

"Ke depan akan banyak kegiatan yang sifatnya rutin, ini tentu untuk mempersiapkan alumni atau mahasiswa yang saat lulus nanti. Komunikasi ini kita bangun dengan berbagai pihak seperti pemerintahan daerah dan lembaga-lembaga," ungkapnya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jln. AH. Nasution, Kota Bandung, Selasa (26/12/2017).

Menurutnya peran alumni kedepan adalah memajukan almamater, terlebih dengan berbagai potensi lulusan UIN SGD yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dimana akan dihimpun dan didistribusikan agar dapat menghasilkan lulusan yang lebih baik.

Dalam semakin merekatkan silahturahmi antara para alumni, maka memaksimalkan media sosial dan membangun website bagi seluruh anggota alumni."Jadi semua anggota alumni dapat mengikuti berbagai perkembangan kegiatan-kegaitan di IKA. Dengan demikian maka kita memperluas jaringan, dan otomatis tinggal digerakan kedepannya," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung Mahmud, mengatakan bahwa kontribusi para alumni cukup signifikan dalam berbagai prestasi yang berhasil diraih. Terlebih peran alumni yang memiliki kualitas luar biasa di berbagai bidang, dengan penyebaran dukungan di dalam dan luar negeri.

Dikatakannya para alumni UIN SGD Bandung tidal hanya berkiprah di dunia pendidikan tapi diberbagai bidang, terlihat dari banyak diantaranya merupakan politisi, atau bahkan seniman. Sehingga berharap apapun profesi yang digeluti alumni tidak meninggalkan ciri khas dari UIN SGD Bandung, yaitu akhlakul karimah, kesalehan, dan nilai-nilai keislaman dalam menekuni profesinya.

"Oleh karena itu, kita perlu memperkuat kembali ikatan alumni seperti ini agar antara para alumni dan institusi terjadi adanya sinergitas. Terutama untuk memberikan kontribusi dan manfaat positif dalam pengembangan bagi civitas akademi," ucapnya.

Rektor berharap kepengurusan yang baru dapat membuktikan mampu menghantarkan UIN SGD Bandung menjadi semakin lebih baik dan lebih unggul dibandingkan periode kepengurusan sebelumnya.

Salah satu upaya yang ia inginkan adalah kontribusi nyata para alumni terhadap para adik-adik angkatannya dengan adanya bantuan penyaluran lapangan pekerjaan yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Saya berharap reuni kedepan bukan hanya sekedar pertemuan tetapi juga adanya kegiatan lain misalnya job fair, yang membantu peluang-peluang kerja agar dimanfaatkan oleh alumni kita yang lebih muda. Karena setahu saya para alumni senior ini bukan cuma sudah bekerja tapi juga banyak yang mempekerjakan orang lain, maka hal tersebut dapat sangat terbantu," pungkasnya. ()