Rektor Corner
Apa yang dapat dilakukan oleh para insan pendidikan Islam untuk menjauhkan murid-murid dari tindakan yang berpotensi mengarah pada terorisme atau penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai...next »



e-Journal



Kamis, 1-Jun-2017 | 20:09:58
Rektor Teken MoU dengan Kemendagri

[www.uinsgd.ac.id] Rektor Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., bersama 63 Rektor dari Perguruan Tinggi se-Indonesia lainnya menghadiri kegiatan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017, yang dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Penguatan Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan, Bela Negara dan Revolusi Mental, pada Kamis (1/6) bertempat di kantor Kementerian Dalam Negeri RI, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Selain kegiatan Upacara dan Penandatanganan MoU, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi oleh Presidium Forum Pusat Kajian Pancasila Pancasila dan Kebangsaan.

“MoU ini terkait komitmen kampus menguatkan ideologi Pancasila, menguatkan wawasan kebangsaan, bela negara, dan revolusi mental,” Ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, seperti yang dilansir dari situs resmi Kemendagri. Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa ideologi Pancasila sangat dibutuhkan untuk menyikapi kondisi saat ini. Terutama menghadapi ancaman terorisme dan radikalisme.

“Kemendagri undang pimpinan perguruan tinggi bukan hanya dalam rangka melaksanakan MoU, tetapi untuk kami sudah sampaikan ke semua Pemda agar dalam susun Perda, anggaran belanja, menjabarkan putusan politik pembangunan harus libatkan perguruan tinggi,” tuturnya.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai salah satu Universitas Islam Negeri diwilayah Jawa Barat yang ikut menandatangai MoU tersebut, dinilai mempunyai peran strategis dalam upaya menguatkan kembali nilai-nilai ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan, bela negara dan revolusi mental yang sejalan dengan visi UIN yaitu mencetak kader bangsa yang unggul dan kompetitif serta berakhlakul karimah.

Selain itu, sebagai Perguruan Tinggi yang telah berkontribusi mencetak Sumberdaya Manusia, yang sudah tersebar diseluruh Nusantara terutama di daerah Jawa Barat, UIN Sunan Gunung Djati Bandung telah berkomitmen untuk ambil bagian dalam upaya membangun daerah, khususnya di Jawa Barat. [Humas al-Jamiah]