Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Selasa, 18-Jul-2017 | 14:59:03
Program Magang MPI UIN Jadi Model Magang MPI PTKIN se-Indonesia

[www.uinsgd.ac.id] Ketua Jurusan/Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Badrudin, M.Ag., melepas mahasiswa Prodi MPI untuk melaksanakan Program Magang Tahun 2017, pada Senin (17/07). Kegiatan yang diikuti oleh sebanyak 80 mahasiswa pada semester 3 (tiga), 80 mahasiswa pada 5 (lima) dan 80 mahasiswa pada 7 (tujuh) ini bertujuan untuk memberikan penguatan Kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa MPI, terutama penguatan kompetensi calon Tenaga Kependidikan Islam yaitu diantaranya Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial.

Selain itu, "Program Magang ini juga diharapkan akan memberi penguatan  keterampilan teknis dan manajerial dalam mengelola Lembaga Pendidikan Islam bagi calon Tenaga Kependidikan Islam", ungkap Dr. H. Badrudin, M.Ag.

Oleh karena itu, penempatan Program Magang ini berbeda pada setiap tingkatnya. Mahasiswa Semester III saat ini difokuskan disejumlah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) se-Jawa Barat, diantaranya adalah: 1) MAN Cililin; 2) MAN 2 Bandung; 3) MAN 2 Tasikmalaya; 4) MAN 4 Ciamis; 5) MAN 1 Sumedang; 6) MAN 1 Ciamis; 7) MAN 1 Garut; 8) MAN Kota Cimahi; 9) MAN Cianjur; 10) MAN 2 Sumedang; 11) MAN 1 Tasikmalaya; 12) MAN 2 Bogor; 13) MAN 1 Bandung; 14) MAN 2 Kab. Bandung; dan 15) MAN Purwakarta. Selain, akan terlibat dalam kegiatan teknis dan manajerial, mahasiswa peserta Program Magang ini telah ikut berpartisipasi dalam membantu pihak Madrasah dalam mensukseskan Program PPDB Tahun 2017 di masing-masing Madrasah.

Untuk mahasiswa semester 5 yang mengikuti Program Magang ke II ini telah ditempatkan disejumlah Pondok Pesantren diwilayah Jawa Barat. Hal ini untuk memperkuat pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola Lembaga Pendidikan Islam khususnya dalam bidang Kurikulum Pesantren, Pembiayaan Lembaga dan lain-lain. Sedangkan, mahasiswa semester 7 difokuskan disejumlah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten/Kota dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, diharapkan mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan ketererampilan dalam tata kelola birokrasi Lembaga Pendidikan Islam. 

Program Magang Prodi MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang akan dilaksanakan selama sebulan penuh ini, menurut Dr. H. Badrudin, M.Ag., akan menjadi Model bagi Program Magang Prodi MPI Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (PTKIN) se-Indonesia, dimana Lokakaryanya akan diadakan pada Tahun 2018 di Yogyakarta. [Humas Al-Jamiah]