Rektor Corner
Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah
Rektor UIN SGD Bandung Bandung, Prof Dr. H. Deddy Ismatullah SH. M.Hum mengatakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai fakultas termuda tentu harus lebih...next »



e-Journal



Senin, 21-Okt-2013 | 14:58:57
Peningkatan SDM Berbasis IT

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 40 dosen dan staf mengikuti Kegiatan Kegiatan ICT untuk Peningkatan SDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data yang dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan, Drs. H. Habuddin, M. Si di Aula Rektorat, gedung Al-Jamiah lantai II, Kamis (10/10)

Dalam sambutanya Kepala Biro sangat menyambut kegiatan ini untuk peningkatan SDM di lingkungan UIN SGD Bandung. "Sesuai dengan visi, misi UIN SGD Bandung yang unggul dan kompetitif, maka kegiatan yang diselenggarakan oleh IT ini menjadi penting untuk meningkatkan SDM yang ada di lingkungan UIN SGD Bandung. Jangan sampai selama menjadi pegawai hanya satu kali mengikuti pelatihan atau kegiatan peningkatan SDM, yaitu pada saat Prajab saja," paparnya.

Kepala Biro pun berharap dengan adanya kegiatan ini, "Bisa meningkatkan kemampuan perangkat lunak, keras dan wawasan dalam bidang teknologi informasi karena zaman sekarang memang eranya teknologi. Barang siapa yang tidak menguasai makan akan ketinggalan zaman," jelasnya.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu membenahi sistem pelayanan administrasi, perkuliahan untuk meningkatkan SDM dan harkat martabah secara bersama-sama," sambungnya.

Bagi Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Cecep Nurul Alam, ST., MT. menjelaskan Kegiatan ICT untuk Peningkatan SDM terdiri dari sembilan acara; Pelatihan Internet Sehat untuk Dosen pada tanggal 10-11 Oktober 2013; Pelatihan Microsoft Office untuk Dosen (Word, Excel, PowerPoint) pada tanggal 16-17 Oktober 2013; Pelatihan Internet Sehat untuk Staf pada tanggal 17-18 Oktober 2013; Pelatihan Pengembangan Blog Dosen pada tanggal 21-22 Oktober 2013; Pelatihan Microsoft Office untuk Staf (Word, Excel) pada tanggal 22-23 Oktober 2013; Pelatihan Pengembangan Konten Blended Learning untuk Dosen pada tanggal 23-24 Oktober 2013; Pelatihan Troubleshooting Komputer dan Jaringan untuk Staf pada tanggal 24-25 Oktober 2013; Pelatihan Google Apps for Education untuk Dosen pada tanggal 28-29 Oktober 2013; Pelatihan Jaringan Lanjut untuk Staf pada tanggal 29-30 Oktober 2013. "Untuk hari ini hanya Pelatihan Internet Sehat yang diikuti oleh 40 peserta terdiri dari dosen. Setiap Fakultas mengirimkan dosennya sebanyak 5 orang," paparnya.

Kesembilan acara yang diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari dosen dan staf di lingkungan UIN SGD Bandung ini diharapkan bisa meningkatkan SDM. "Untuk dosen diharapkan mampu memberikan proses pembelajaran yang prima terhadap mahasiswa dan bagi sfat bisa memberikan pelayanan yang prima terhadap civitas akademika," terangnya.

Materi Pelatihan Internet Sehat untuk Dosen disampaikan oleh Cepy Slamet, ST., MT, dosen Teknologi Informatika (IF) Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD Bandung. Menurut Cepy materi Internet Sehat dibagi menjadi 5 bagian; Pertama, Kutipan hasil survey tentang pengguna internet. Kedua, Fenomena situs konten negatif. Ketiga, Manjaga agar tetap aman di dunia maya. Keempat, Tangkal materi negatif. Kelima, Ancaman-ancaman potensial.

"Perlu diketahui secara bersama bahwa internet sehat ibu bukan secara medis, tapi bagimana pengguna itu berperilaku dan memiliki mental yang sehat dalam berinternet," tegasnya. 

"Subtansinya aman untuk pribadi, keluaraga dan pendidikan. Dengan harapan perangkat-peragkat ini bisa mengangkal kontek-konten negatif dalam laptop anda setelah mengikuti pelatihan ini supaya ikut andi dalam mengkampanyekan gerakan internet sehat," optimisnya. []