Rektor Corner
Apa yang dapat dilakukan oleh para insan pendidikan Islam untuk menjauhkan murid-murid dari tindakan yang berpotensi mengarah pada terorisme atau penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai...next »



e-Journal



Rabu, 14-Jun-2017 | 11:16:11
Pengisian Biodata & Verifikasi PMB Jalur SBMPTN

[www.uinsgd.c.id] Kepada seluruh peserta atau siswa pendaftar jalur SBMPTN yang telah dinyatakan Lulus atau diterima di UIN Sunan Gunung Djati Bandung diharapkan untuk segera mengisi Biodata secara Online pada hari Rabu 14 Juni 2017 selanjutnya melakukan Verifikasi UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan Pendaftaran Ulang pada tanggal  15-16 Juni 2017.

Untuk tata cara pengisian biodata online akan dijelaskan lebih rinci sebagai berikut :

1. Kunjungi web pmb.uinsgd.ac.id

2. Klik Register pada menu atau dashboard

3. Pilih jalur SBMPTN

4. Klik daftar baru untuk mendaftar sebagai pengguna aplikasi PMB

5. Isi biodata pada form yang telah disediakan, untuk NIK diisi dengan Nomor Induk Kependudukan yang terdapat pada KTP atau KK (Kartu Keluarga), serta email yang dicantumkan adalah akun email aktif atau masih digunakan.

6. Kirim data dengan klik submit.

7. Cek email yang dicantumkan pada form pendaftaran untuk mendapatkan ussername dan password untuk login. Jika email tidak terdapat pada inbox silahkan cek spam email.

8. Lakukan langkah 1 sampai 3

9. Masukkan ussername dan password yang telah diterima melalui akun email.

10. Isi biodata lengkap sesuai form data yang tersedia antara lain biodata (Mahasiswa, Ayah, Ibu, Orang Tua, Sekolah serta Upload File Persyaratan).

11. File persyaratan yang diupload dapat berupa photo atau scan, ukuran file maksimal 2Mb serta resolusi maksimal 500x500.

12. Jika biodata telah dilengkapi seluruhnya, lakukan verifikasi biodata online dengan klik Verifikasi pada Menu. Data yang telah diverifikasi merupakan data yang telah valid dan data tidak dapat diubah kembali setelah Verifikasi data.

Selanjutnya peserta diharuskan melakukan Verifikasi UKT yang akan dilaksanakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Gedung Anwar Musaddad). Berkas yang harus dibawa pada saat verifikasi, antara lain :

1. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen ditandatangani oleh orang tua di atas materai  [download blanko Surat Pernyataan]. Sanksi jika data tidak benar/ tidak valid adalah tarif/tagihan persemester akan diset pada tarif tertinggi yang berlaku di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

2. Foto Keadaan Rumah

3. Surat Penghasilan Orang Tua

4. Kartu Keluarga

5. Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

6. Rekening Listrik

7. Rekenik Telepon (Kondisiona)

8. Rekening Pembayaran Air (Kondisional)

9. Surat Keterangan Tidak Mampu (Kondisional)

 

 

Keterangan :

 

Nomor 2-8 sesuai dengan file yang diupload pada pengisian data online.

 

Pada saat verifikasi berkas calon mahasiswa diwajibkan didampingi oleh orang tua/ wali. Pada tahap ini, orang tua dan calon mahasiswa akan mengetahui jumlah tagihan yang akan dibayar pada setiap semesternya. Informasi besaran tagihan ini dalam bentuk Surat Ketetapan UKT.

 

Setelah melakukan Verifikasi, selanjutnya calon mahasiswa melakukan pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal) di Bank BRI Syari'ah (pembayaran UKT sesuai yang telah ditetapkan oleh rektor melaui bagian Keuangan UIN Sunan Gunung Djati pada saat verifikasi berkas).

 

Tahap selanjutnya melakukan penyerahan Berkas Akademik untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (waktu, tempat, teknis pelaksanaan akan diberitahukan segera di web ini).