Rektor Corner
Peran mahasiswa yang begitu populer sebagai agent of change. Banyak terjadi perubahan-perubahan dahsyat berkat kerja keras para mahasiswa. Dari dulu sampai sekarang, mahasiswa menunjukkan perannya yang sangat vital dalam...next »



e-Journal



Kamis, 4-Mei-2017 | 06:36:52
Pengawas SBMPTN 2017 Ikuti Pengarahan Teknis

[www.uinsgd.ac.id] Bertempat di Ruang Sidang O. Djauharuddin AR., pada Rabu (3/4), sebanyak 98 Pengawas SBMPTN Tahun 2017 dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung baik dari unsur Dosen maupun Tenaga Kependidikan , mengikuti Kegiatan Pengarahan Teknis dari Panitia Lokal 34 Bandung, terkait dengan pelaksanaan tugas Pengawasan SBMPTN Tahun 2017 yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 Mei 2017 mendatang.

Menurut Herman, S.Sos. I., M.Ag., dari Panitia Lokal 34 Bandung yang memberikan materi Pengarahan Teknis, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pola pengawasan kepada para pengawas SMBPTN agar dalam pelaksanaan tes SBMPTN Tahun 2017 mencapai target, yaitu Zero atau 0% kesalahan calon mahasiswa dalam hal administratif, misalnya dalam pengisian Nama, Kode Naskah, Kode PTN dan lain sebagainya. "Rata-rata 10%, 100.000 calon mahasiswa tidak lolos SBMPTN sebelum dinilai, karena salah nama, salah kode naskah, dan aktivitas administrasi lainnya", tuturnya.

Oleh karena itu, ketelitian Pengawas dalam menjalankan fungsi dan peran pengawasan harus ditingkatkan untuk meminimalisir kesalahan administratif yang dilakukan calon mahasiswa, yang justru akan sangat merugikan calon mahasiswa tersebut. Kasus lainnya adalah kesalahan Pengawasan terutama dalam Paper Based Test (PBT) adalah tertinggalnya lembar jawaban calon mahasiswa di kelas, yang berakibat pada tidak dapat dinilainya hasil tes calon mahasiswa yang bersangkutan, dan masalah-masalah teknis lainnya yang terjadi dilapangan.

Mengingat pentingnya kegiatan Pengarahan Teknis tersebut, sehingga kegiatan tersebut wajib diikuti oleh setiap Pengawas yang sudah terdaftar. Menurut Panlok 34 Bandung, jika Pengawas tidak hadir dalam Kegiatan Pengarahan tersebut, Pengawas wajib mengikuti Pengarahan susulan yang akan diselenggarakan pada tanggal 12 Mei 2017 bertempat di Balai Rumawa, Univeritas Padjadjaran (Unpad) Kampus Dipati Ukur, Bandung. [Humas al-Jamiah]