Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Jumat, 14-Jul-2017 | 10:41:44
PBI, FTK Kirim 14 Mahasiswa PPL ke Thailand

[www.uinsgd.ac.id] Sebagai upaya meningkatkan kualitas proses dan output pendidikan, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), UIN Sunan Gunung Djati Bandung, menginisiasi Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasional dengan Negara tujuan Thailand, bagi Mahasiswa Prodi PBI yang telah lulus seleksi pada program tersebut.

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Internasionaltersebut adalah salah satu hasil tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dengan Pemerintah Provinsi Satun, Thailand. Kesepakatan kerjasama tersebut fokus pada bidang Pendidikan, "Para mahasiswa yang akan program PPL Internasional tersebut akan ditempatkan di lima Sekolah untuk berbagi ilmu, mengajar Bahasa Inggris kepada para Siswa di Thailand", ujar Drs. H. Sajidin, SS., M.Pd. Menurutnya, Program PPL Internasional ini mendapat support penuh dari pihak Jurusan dan Pihak Dekanat, dan diharapkan menjadi Leading Sector Program di Prodi PBI, bahkan akan diimplementasikan disetiap Prodi/Jurusan kedepan.  

Oleh karena itu, pihak Prodi melakukan proses seleksi yang cukup ketat, untuk menjaring peserta program PPL Internasional tersebut. Melalui seleksi tersebut, terjaring sebanyak 14 orang mahasiswa yang telah memenuhi kualifikasi berkaitan dengan Oral Communication Skill atau kemampuan komunikasi bahasa inggris yang baik, selain itu peserta juga disyaratkan telah lulus pada mata kuliah Micro Teaching dan Lab. Teaching.

Untuk membekali para peserta PPL Internasional, pihak prodi telah melaksanakan Pembekalan pra PPL Internasional dengan memberikan berbagai materi yang mendukung seperti Training Bahasa Inggris, Coaching Simulasi dan Pemahaman akan Kultur dan Budaya Negara tujuan. Ke-14 peserta tersebut akan tinggal di Provinsi Sutan, Thailand selama 55 Hari, dan akan diberangkatkan pada tanggal 17 Juli 2017 sampai dengan 22 September 2017. [Humas Al-Jamiah]