Rektor Corner
Apa yang dapat dilakukan oleh para insan pendidikan Islam untuk menjauhkan murid-murid dari tindakan yang berpotensi mengarah pada terorisme atau penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai...next »



e-Journal



Rabu, 31-Mei-2017 | 07:23:51
Kopertais II Gelar Workshop Evaluasi KKNI

[www.uinsgd.ac.id] Dihadiri oleh sebanyak 119 PTKIS dilingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten "Workshop Evaluasi Pengembangan Kurikulum KKNI Pada PTKIS di Wilayah II Jawa Barat dan Banten", diselenggarakan pada Selasa-Rabu, tanggal 29-30 Mei 2017 bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa, Jatinangor, Kabupaten Sumedang.  

Ketua Panitia Drs. H. Yaya Suryana, M.Ag. dalam laporannya menyatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan implementasi kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dilingkungan PTKIS Wilayah II Jawa Barat dan Banten khususnya, yang telah diamanatkan oleh Perpres Nomor 8 tahun 2012, yang efektif harus diimplementasikan 5 tahun setelah Perpres tersebut disahkan. "Kegiatan ini merupakan rangkaian Kegiatan yang diinisiasi oleh Kopertais Wilayah II, yang pada tahun 2016 yang lalu diadakan kegiatan workshop pengembangan kurikulum KKNI. Oleh karena itu, berdasarkan hasil Rakor tahun 2017, kegiatan workshop evaluasi pengembangan kurikulum KKNI", ujarnya. Untuk mengevaluasi proses pengembangan kurikulum KKNI di PTKIS wilayah Kopertais Wilayah II ini, salah satunya ditempuh melalui menyebarkan instrumen daftar isian evaluasi yang harus diisi oleh setiap Prodi diseluruh PTKIS, dengan harapan bahwa evaluasi tersebut akan menunjukkan sejauh mana implementasi kurikulum berbasis KKNI tersebut diimplementasikan.

Drs. Nashihudin, M.Pd., Wakil Koordinator III Bidang Akademik dan Kelembagaan Kopertais II Wilayah Jawa Barat dan Banten dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan evaluasi ini bertujuan untuk menilai dan mengukur sejauhmana proses pengembangan kurikulum di setiap PTKIS dilaksanakan, yang pada akhirnya dapat mengukur ketercapaian implementasi kurikulum berbasis KKNI tersebut. "Oleh karena itu, kegiatan ini ditujukan dalam rangka untuk mengukur proses dan hasil implementasi kurikulum KKNI tersebut dilaksanakan", tegasnya.      

Untuk menjawab persoalan-persoalan mengenai implementasi KKNI yang telah diinventarisir, Kopertais Wilayah II menghadirkan beberapa Narasumber, yaitu Pertama, Dr. H. Agus Sholeh, M.Ed., Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, yang menyampaikan materi mengenai Penguatan Kelembagaan PTKIS untuk Optimalnya Implementasi KKNI; Kedua, Dr. H. Mamat S. Burhanudin, M.Ag., Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, menyampaikan materi mengenai Penguatan Program Akademik untuk Optimalisasi Implementasi Kurikulum KKNI; dan Ketiga, Dr. Irawan, M.Hum., Ketua Asosiasi Sarjana Manajemen Pendidikan Islam Indonesia (ASMAPI) yang mempresentasikan materi mengenai Membangun Link dan Match Dunia Pendidikan dengan Profesi. [Humas al-Jamiah]