Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Jumat, 29-Des-2017 | 06:51:20
Kiprah Alumni UIN SGD Bandung Dahsyat

[www.uinsgd.ac.id] Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ( UIN SGD) Bandung Prof. Mahmud mengharapkan agar para alumni terus meningkatkan dan meluaskan kiprahnya bagi masyarakat.

"Kami bangga, para alumni UIN Bandung saat ini tingkat kesalehannya dahsyat. Ini modal, bilamana sinergi alumni dengan alumni dan alumni dengan lembaga tercipta baik," tegasnya saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni periode 2017-2021 dan Reuni Akbar 50 tahun UIN SGD Bandung, di Bandung (26/12).

Rektor menegaskan, alumni merupakan modal untuk meningkatkan kualitas UIN Bandung. "Alhamdulillah akreditasi prodi di UIN Bandung itu sudah tidak ada yang C. Semuanya sudah A dan B. Jikapun ada, itu khusus prodi yang baru dibuka. Target kami, menjadikan UIN secara institusi terakreditasi A," jelasnya.

UIN Bandung saat ini peringkat Ke 7 indikator GUG = Good University Governance. Nomor 73 indikator webometrik / aktivitas online seluruh perguruan tinggi se Indonesia. 

Indikator publikasi ilmiah internasional terindeks scopus berada di peringkat kedua. Dalam pengurusan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di antara PTAI Se-Indonesia, UIN Bandung berada di peringkat kesatu.

Di tempat sama, Ketua Umum IKA UIN SGD Bandung Dr Reni Marlinawati menyatakan peran UIN Bandung sangat strategis, khususnya sebagai upaya membangun karakter bangsa. 

"UIN menjadi garda terdepan untuk membangun umat Islam yang kaffah, paripurna. Saat ini tengah terjadi proses pengikisan nilai-nilai Keislaman yang masif dan degradasi moral, ini tanggungjawab kita semua," tandasnya.

UIN Bandung, lanjut Reni, merupakan rumah tempat kembali. "Tentu saja, tidak mungkin kita kembali tanpa membawa apa-apa ke rumah," jelasnya.

Saat ini ada ratusan ribu alumni UIN Bandung yang berkiprah mengabdi kepada masyarakat. 

"UIN Bandung memanggil, saatnya kita kembali ke almamater," katanya.

Reni pun menegaskan komitmennya untuk mendorong UIN Bandung setara dan melampaui universitas lain. 

"Ini bukan hanya tugas Pak Rektor, seluruh kekuatan alumni dengan berbagai potensinya harus bergerak," tegasnya.

Dalam Reuni Akbar kali ini, pengurus juga meluncurkan website IKA UIN Bandung yang beralamat di www.ika.uinsgd.ac.id. Sebagaimana diketahui, Reni Marlinawati terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Anggota IV di Lembang, Sabtu 4 Oktober 2017. ()