Rektor Corner
Peran mahasiswa yang begitu populer sebagai agent of change. Banyak terjadi perubahan-perubahan dahsyat berkat kerja keras para mahasiswa. Dari dulu sampai sekarang, mahasiswa menunjukkan perannya yang sangat vital dalam...next »



e-Journal



Senin, 15-Mei-2017 | 07:48:22
Gerakan Pramuka Gelar Wukuf Nasional 2017

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 1465 peserta yang terdiri dari tingkat SD 156 orang, SLTP 600 orang, SLTA 540 orang dan Perguruan Tinggi 144 orang mengikuti Wahana Unjuk Kreatifitas untuk Fastabiqul Khairat (Wukuf) Nasional 2017 Arena Para Legenda bertajuk "Aktualisasi Nilai Satya Darma Pramuka Menuju Pribadi Pramuka yang Kompetitif, Kreatif dan Inovatif" yang digelar Gerakan Pramuka Gugusdepan KB. 23001-23002 Pangkalan UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Abjan Soelaeman, Minggu (14/5)  

Acara Wukuf Nasional 2017 dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag., dalam sambutanya WR III sangat mengapresiasi atas terseleggaranya kegiatan Wukuf Nasional ini, "Mudah-mudahn dengan segala prestasi yang membanggakan ini. Keberadaaan Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung menjadi contoh teladan bagi adik-adik Pramuka karena ujung-ujungnya dari kegaitan Wukuf yang diikuti 1465 peserta ini dalam rangka berlomba-lomba untuk kebaikan," tegasnya.

WR III berharap "dengan adanya Wukuf ini menjadi pertemuan nasional atau ajang silaturahmi akbar dalam bidang kepramukaan untuk terus giat melakukan kebaikan, disiplin, peduli terhadap sesama. Saya atas nama pimpinan dan secara pribadi memohon doa restu dari semua kalangan untuk menjadikan UIN SGD Bandung sebagai tuan rumah pada ajang Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PWN PTKI)," sambungnya.

Menurut Ketua Gudep 23.002, Dr. Andewi Suhartini, M.Ag menuturkan tujuan umum dilaksanakanya kegiatan ini "untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan serta mengingatkan mental dan fisik yang lebih mantap untuk bekala dalam mengintegrasikan diri," paparnya.

Ketua Gudep 23.002 berkeyakinan dengan digelarnya Wukuf Nasional ini, "Pertama, terbinanya ukhuwah antar sesama anggota Gerakan Pramuka serta semangat berlomba dalam kebaikan, Kedua, mengingkatkan semangat solidaritas, berlatih, berlomba, berkarya dan sportifitas, Ketiga, terbinanya sikap mental dan fisik yang kuat dengan diimbangi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai, Keempat, terbinanya prinsip-prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan," optimisnya.  

Kegiatan Wukuf Nasional yang diikuti 1465 peserta yang terdiri dari tingkat SD 156 orang, SLTP 600 orang, SLTA 540 orang dan Perguruan Tinggi 144 orang ini mengikuti berbagai lomba; untuk SD ada lomba drawing, lomba pioneering, traditional dance competitions; untuk SLTP ada lomba mosaic art, lomba sandi morse semaphore, lomba photography, pioneering, lomba LKBB; untuk SLTA ada lomba musabaqoh syarhil quran, speech contest, lomba LKBB, lomba duta wukuf. lomba miniatur pioneering, lomba photography; untuk Perguruan Tinggi ada Seminar Keprotokolan dan city tour," pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]