Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Jumat, 29-Sep-2017 | 08:01:25
CSSMORA UIN SGD Gelar Donor Darah

[www.uinsgd.ac.id] COMMUNITY of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMORA) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung menggelar aksi donor darah. Ini merupakan rangkaian peringatan hari jadi keempat CSSMORA. Kegiatan donor darah dilaksanakan di selasar Masjid Ikomah UIN SGD Bandung, Kamis (28/9/2017) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Menurut Ketua Pelaksana, Nidal Rabbani, CSSMORA baru pertama kali menggelar kegiatan donor darah. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial, agar mahasiswa lebih peka terhadap kondisi orang lain. Selain itu, CSSMORA UIN SGD Bandung juga memiliki visi dan misi untuk selalu membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan mereka. 

Karena kegiatan ini diadakan di Kampus UIN SGD Bandung, peserta pendonor pun hampir seluruhnya mahasiswa UIN SGD Bandung, walaupun kegiatan ini terbuka untuk umum. Samapi saat ini tercatat sebanyak 73 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya.

Selain wujud kepedulian sosial, aksi donor darah ini memang sangat dibutuhkan oleh PMI Kota Bandung, dilihat saat ini PMI Kota Bandung sedang membutuhkan banyak kantung darah. Lebih lanjut, ia berharap agar masyarakat atau pun mahasiswa bisa lebih peka dan peduli terhadap sesama. Mahasiswa sebagai agent of change jangan hanya menlihat kesulitan orang lain tanpa memberikan bantuan sama sekali.

“Kemarin teman kita ada yang menghubungi PMI Kota Bandung, dan kebetulan PMI Kota Bandung sedang membutuhkan beberapa kantung darah, kalau dirumah sakit misalkan kurang darah kan darah satu kantung itu lumayan, nah semoga dengan ini bisa membantu saudara-saudara yang lain. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini yang kami sebagai panitia mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya, karena mahasiswa sebagai agent of change jangan hanya sekedar melihat kesusahan orang lain saja tanpa membantu,” terangnya.

Mahasiswa semester tujuh Prodi Tafsir Hadits, Anis Nur Alvi yang sudah lima kali melakukan donor darah sangat mengapresiasi kegiatan donor darah ini. Menurutnya, kegiatan donor darah ini sangat bermanfaat untuk orang lain dan dirinya sendiri. Ia berharap dari setitik darah yang ia donorkan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

“Sekarang udah ke lima kali donor darah, tadi juga saya sempat kekurangan hemoglobin jadi saya disuruh minum yang manis-manis. Menurut saya dengan adanya kegiatan ini, ya bagus karena satu kantung darah dari kita itu bisa menyelamatkan hidup orang lain, terus sehat juga buat tubuh kita sendiri,” tutupnya. (dini fitriani.job)