Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Kamis, 10-Ags-2017 | 08:38:44
Call for Papers ICON IMAD VII

[www.uinsgd.ac.id] Tahun 2017 ini, untuk ketujuh  kalinya dilaksanakan International Conference On Islam In Malay World (ICON IMAD) kerjasama empat universitas dari empat negara yaitu Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia dengan Program Pasca Siswazah Akademi Pengajian Islam  University of Malaya (UM), Malaysia, Islamic College Prince of Songkla University Thailand dan Sultan Sharif Ali University Brunei Darussalam. Insya Allah tahun 2017 ini akan bergabung dua universitas dari dua negara yaitu dari Singapura dan Filipina.

Agenda tahun  ini adalah lanjutan dari acara ICON IMAD enam tahun sebelumnya. Penyelenggaraan ICON IMAD I yang diadakan di Bandung pada 19-22 November 2011, ICON IMAD II yang diadakan di APIUM pada 2012, ICON IMAD III yang diadakan di Bandung tahun 2013, dan ICON IMAD IV yang diadakan di Klana Beach Resort Port Dickson (Komplek Baitul Hilal), Negeri Sembilan, Malaysia di pihak APIUM pada 19-21 September 2014; ICON IMAD V yang diadakan di Prince Songkla University, Pattani 12-14 September 2015 dan ICON IMAD VI yang diadakan di Universiti Sultan Sharif Ali, UNISSA, Brunei pada 20-22 September 2016.

Isu besar yang dibahas di tiga kegiatan terakhir yaitu di Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam adalah tentang Islam Melayu Moderat. Sikap moderat menjadi sikap umum kalangan ilmuwan dan sekaligus menjadi kajian keilmuan, sebagai jalan tengah dari sikap ekstrim kiri dan kanan yang kini menguat.

Moderat merupakan jalan tengah dari semua sikap yang berkembang atas dasar sikap kritis dan keterbukaan untuk setiap jalan kebenaran yang dipilihkan. Sikap yang dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 143 diilustrasikan sebagai sikap sosial umat yang disebut dengan istilah ummatan wasathan. Kata wasath berarti tengah, pertengahan, moderat, jalan tengah, seimbang antara ekstrim kiri dan kanan. Ummatan washatan adalah umat yang bersikap, berpikiran, dan bertindak adil dan proporsional antara kepentingan material dan spiritual. Prinsip kesimbangan (mizan) menjadi dasar. Tidak perlu berlebihan dalam bersikap dan bertindak.

Adapun persyaratan dari call for papers adalah:

1. Judul dan pembahasan sesuai dengan tema dan subtema yang telah ditetapkan panitia

2. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan atau dipresentasikan dalam seminar, workshop dan lainnya

3. Hasil riset lapangan yang masih aktual dalam 5 tahun terakhir atau dari data mutakhir (riset kepustakaan)

4. Penulis tidak boleh lebih dari 4 orang

5. Ditulis dalam bahasa Inggris/Melayu/Arab/Thailand, Indonesia, minimal 15 halaman, maksimal 20 halaman, font 12, times new roman, spasi 1,5, kertas A4, margin kiri halaman 4 cm; margin atas, kanan dan bawah 3 cm

Paper terdiri dari abstrak, latarbelakang masalah, fokus kajian, analisis dan pembahasan, kesimpulan dan  saran, daftar pustaka.

Info selengkapnya kunjungi website International Conference On Islam In Malay World (ICON IMAD) VII [Humas Al-Jamiah]