Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Selasa, 11-Jul-2017 | 12:23:27
9057 Peserta Ikuti Test CBT

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 9057 peserta mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN SGD Bandung jalur Mandiri dengan sistem Computer Based Test (CBT) di gedung Lecture Hall (LH), Selasa (11/7). 

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si menjelaskan untuk pertama kalinya, UIN SGD Bandung melakukan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur mandiri melalui ujian berbasis komputer (CBT) yang dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 20 Juli 2017.

"Alhamdulillah hari ini pelaksanaan test masuk CBT berjalan dengan lancar. Insya Allah baik prosesnya dan Insya Allah baik hasilnya," ungkap Rektor saat melakukan inspeksi mendadak  (Sidak) yang didampingi oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyiddin, M.Ag., Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. H. Akhmad Luthfi, M.M., Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. Tedi Priatna, M.Ag., Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Undang Syaripudin, M. Kom. 

"Saya berharap kepada semua pihak proses rekrutmen melalui jalut CBT ini harus betul-betul kita kawal, sehingga cita-cita kita dalam rangka mencari calon-calon mahasiswa yang unggul itu akan menjadi sebuah kenyataan dan saya tentu berterima kasih kepada WR I, Kepala Biro Akademik, dan tim IT, khususnya Dekan Sains yang memberikan suport teman-teman mahasiswa jurusan IT, sehingga seluruh kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," tegasnya. 

Dengan adannya tes CBT ini Rekrot menegaskan "Semoga saja usaha kita ini dibarengi dengan kehendak Allah SWT, sehingga cita-cita ingin membuat mahasiswa kita qurrota a'ayun akan menjadi kenyataan," pungkasnya.     

Ketua PTIPD menuturkan peserta tes CBT berjumlah 9057 orang. "Ada 10 ruang yang digunakan tes. Setiap satu ruangan terdiri dari 30 peserta tes. Pengawas ujian terdiri dari 2 orang per ruangan, ditambah 1 orang teknisi," paparnya.

Dalam satu hari pelaksanaan tes dilakukan 4 sesi; pertama, dari pukul 07.30-09.30, kedua, dari pukul 10.00-12.00, ketiga dari pukul 12.30-15.30 dan keempat, dari pukul 16.00-18.00. "Jadi semua peserta yang mengikuti tes CBT ini berjumlah 9057 orang," terangnya. 

Mengenai materi yang diujikan staf ahli Warek I Bidang Akademik, Dr. M. Erihadiana, M.Pd., menjelaskan "Baik ujian kategori IPA maupun IPS materi tesnya itu terdiri dari potensi akademik, pengetahuan umum, pengetahuan bahasa, pengetahuan agama," pungkasnya. [Humas Al-Jamiah]