Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Selasa, 26-Sep-2017 | 07:18:12
4.908 Mahasiswa UIN SGD Ikuti Kursus Bahasa

[www.uinsgd.ac.id] Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada 2 Oktober tahun ini mulai menggelar kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk mahasiswa semester VII  di semua fakultas di lingkungan UIN Bandung. Selesai kursus (selama satu semester) akan dilakukan tes, dan nilainya bisa diakses secara online. 

“Nilai kursus ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa untuk persyaratan ujian komprehensif dan munaqasah,” jelas Ketua Pusat Pengembangan Bahasa UIN SGD Dr H Koko Abdul Kodir, M.Ag usai seminar “Membangun Budaya Bahasa Internasional dalam Sivitas Akademika” di Gedung Anwar Musaddad, Senin (25/09/2017). Seminar, yang dihadiri oleh 2.200 mahasiswa ini, digelar sebagai upaya memotivasi mereka sebelum mengikuti kursus selama satu semester. Pada kesempatan yang sama, mereka diberi buku bahan ajar bahasa Arab dan bahasa Inggris.   

Dr Koko menegaskan kembali bahwa belajar bahasa itu tidak sulit, asal memiliki minat dan kemauan. “Belajar bahasa Inggris, tidak sulit. Hanya harus tahu tahapan dalam belajar berbahasa, yakni harus sering mendengar, lalu berbicara, selanjutnya membaca dan menulis. Kalau kemampuan berbahasanya sudah bagus, maka setelah beres kuliahnya tidak akan sulit untuk bersaing di era globalsasi ini. Dalam arti, mencari pekerjaan pun tidak sulit,” kata Dr Koko, diampingi sekretaris Dr Dian, M.Ag.

Apalagi bahasa Arab, yang menjadi pandangan hidup seorang muslim, adalah bahasa yang pertama kali kita dengar. Bahkan dalam keseharian pun selalu melafalkan bahasa Arab, misalnya saat melakukan shalat atau berdoa. “Allah SWT telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Oleh karenanya, sudah seharusnya bagi seorang muslim untuk mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya,” ujar Dr Koko. 

Staf administrasi Pusat Pengembangan Bahasa UIN SGD, Enjang Sukmana melaporkan, hingga berita ini dibuat, dari sejumlah 4.908 mahasiswa semester VII, yang sudah mendaftar kursus bahasa sebanyak 3.955. Mereka akan mengikuti kursus bahasa selama 16 kali pertemuan. Mengenai waktunya, mereka drndiri yang menentukan agar tidak bentrok dengan waktu perkuliahan.

“Kami mengelar kursus dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Mereka akan dibina dan dilatih oleh instruktur bahasa yang profesional, dari kalangan dosen di ligkungan UIN SGD Bandung. Instruktur bahasa Arab sebanyak 56 orag dan bahasa Inggris 59 orang,” jelas Enjang.[Nanang Sungkawa]