Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Kamis, 25-Mei-2017 | 17:01:49
335 Peserta Ikuti Seleksi Mahasiswa S1 Timur Tengah di UIN SGD Bandung

[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 335 peserta mengikuti seleksi beasiswa dan non beasiswa program S1 Timur Tengah (Mesir, Maroko, Sudan, dan Lebanon) tahun akademik 2017/2018 di ruang perkuliahan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kamis (25/5). 

Menurut Wakil Rektor IV, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT "Ada 335 orang ikut tes ke Timur Tengah. Alhamdulillah berkat dukungan semua pihak, tes berlangsung aman dan berjalan lancar sesuai dengan harapan Kemenag," paparnya saat meninjau pelaksanaan seleksi yang didampingi oleh Kepala Biro A2KK, Drs. H. Akhmad Luthfi, MM dan panitia dari Kemenag RI, Lelis Tsuroya Herniatin, Kepala Seksi Bina Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.    

Mengenai materi yang diujikan itu ada dua kategori: tes tertulis dan tes lisan yang semuanya menggunakan Bahasa Arab. Materi ujian tulis meliputi: Bahasa Arab (pemahaman teks, tata bahasa, dan insya) serta Pengetahuan Agama Islam. Sedang materi ujian lisan meliputi: Bahasa Arab (percakapan, terjemah, dan pemahaman teks) serta hafalan/bacaan Al Quran minimal 2 Juz.

Wakil Rektor IV, berharap "dengan adanya tes ke Timur Tengah ini dapat mempersiapkan dan mampu melahirkan calon-calon cendekiawan muslim yang ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga negara Indonesia di masa mendatang yang mayoritas penduduknya muslim dapat membangkitkan khazanah klasik dan menjadi sumber peradaban Islam," pungkasnya.     

Untuk hasil seleksi akan diumumkan oleh Kementerian Agama pada 6 Juni 2017 melalui website www.diktis.kemenag.go.id. [Humas Al-Jamiah]