Rektor Corner
Apa yang dapat dilakukan oleh para insan pendidikan Islam untuk menjauhkan murid-murid dari tindakan yang berpotensi mengarah pada terorisme atau penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai...next »



e-Journal



Selasa, 23-Mei-2017 | 15:59:52
3.642 Peserta Ikuti Test UM-PTKIN di UIN SGD

[www.uinsgd.ac.id] Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) digelar serentak hari ini di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), total calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini mencapai 113.779 orang.

Jumlah pendaftar itu didominasi perempuan. Kasi Penelitian Diktis Anis Masykur mengatakan 68,9% pendaftar berjenis kelamin perempuan. "Data ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan kesadaran pendidikan kaum perempuan (muslimah) di Indonesia. Hal ini tentu menjadi berbeda dengan seleksi jalur lain," ujarnya di Jakarta, Selasa (23/05), seperti dilansir website Kemenag RI. 

Menurut Nur Fitriyatin Yamin, aktivis jender sekaligus dosen pada UIN Sunan Ampel, gejala ini bisa juga menjadi variabel bagi orang tua bahwa keberadaan perguruan tinggi Islam dianggap lebih membawa keamanan tersendiri bagi putrinya.

Untuk menjadi mahasiswa pada PTKIN, ada tiga jalur pendaftaran. Pertama, jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN PTKIN). Tahun ini jumlah pendaftar mencapai lebih dari 130 ribu pendaftar. Kedua, jalur UM PTKIN. Jumlah pendaftar mencapai 113.779 calon mahasiswa. Dan ketiga, jalur mandiri. Jalur ini akan dibuka setelah proses UM PTKIN selesai. Dari data yang ada, diketahui bahwa alumni jenjang SLTA yang mendaftar UM PTKIN lebih didominasi lulusan SMU/SMK.

Data UM PTKIN menginformasikan bahwa hanya 27.097 pendaftar lulusan MA baik Negeri maupun Swasta. Sisanya dari SMU/SMK. PTKIN ini perlu kerja keras agar outputnya mempunyai kapasitas keagamaan yang diharapkan.

Menurut Dr. M. Erihadiana,M.Pd, Staf Ahli Wakil Rektor I dari jumlah pendaftar 113.779 orang itu ada 3.642 peserta yang berhasil mengikuti tes UM-PTKIN di lingkungan UIN SGD Bandung yang teridiri dari ujian tulis (PBT) berjumlah 3482 orang pada 168 ruang dan ujian berbasis komputer (CBT) berjumlah 160 orang pada 8 kelas. 

"Sebanyak 3.642 peserta mengikuti test UM-PTKIN di lingkungan UIN SGD Bandung dengan rincian 3.482 orang ikut PBT (ujian tulis) di 168 ruang yang terdiri dari IPA 335 orang, IPS 2249 orang dan IPC 898 orang. Sedangkan 160 orang ikut CBT (ujian berbasis komputer) di 8 ruangan yang berada pada gedung LH lantai II," paparnya.

Mengenai materi yang diujikan tes kemampuan dasar (TKD) tes kemampuan bidang IPS, IPA dan IPC.

Untuk pengumuman kelulusan bisa dilihat pada laman  resmi UM-PTKIN pada 19 Juni 2017. [Humas Al-Jamiah]