Rektor Corner
Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah
Rektor UIN SGD Bandung Bandung, Prof Dr. H. Deddy Ismatullah SH. M.Hum mengatakan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebagai fakultas termuda tentu harus lebih...next »



e-Journal



Senin, 5-Nov-2012 | 08:25:57
Pascasarjana

Direktur

Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.

Asdir. I   Bid. Akademik

Dr. H. M. Anton Athoillah, MM.

Asdir. II  Bid. Administrasi

Prof. Dr. H. Nurwajah Ahmad EQ., MA.

Asdir. III Bid. Kemahasiswaan & Alumni

Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag.

 

Ketua Prodi Hukum Islam (S3)

Prof. Dr. H. Juhaya S. Pradja, MA.

Ketua Prodi Pendidikan Islam (S3)

Prof. Dr. H. A. Tafsir, MA.


Ketua Prodi Religious Studies (S3 & S2)

Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA.

Ketua Prodi Ilmu Agama Islam (S2)   

Prof. Dr. H. Endang Soetari, AD, M.Si.

Ketua Prodi Ekonomi Islam (S2)

Dr. Yadi Janwari, M. Ag

Ketua Prodi Ilmu Hukum (S2)

Dr. Tatang Astaruddin, SH., M.Si

 

Program Pascasarjana

Program Pascasarjana bertujuan menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu agama Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu agama Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman. Sedangkan tujuan khususnya adalah:

Meningkatkan kemampuan dan keahlian mahasiswa untuk menguasai bidang ilmu agama Islam yang diperlukan dalam rangka mengembangkan masyarakat.

Meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai tenaga peneliti dalam bidang ilmu agama Islam sesuai dengan konsentrasi yang dikembangkannya.

Mengembangkan sikap mahasiswa agar memiliki etika dan tanggung jawab akademik sebagai tenaga ahli dalam bidang ilmu agama Islam.

1. Program Magister (S-2)

Program Pascasarjana (S-2) dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama RI, tanggal 26 Maret 1997 No. 139/1997.

a.  TujuanProgram magister (S-2) bertujuan menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan memiliki kemampuan untukmelakukan penelitian secara terbatas dalam rangka pengembangan ilmu agama Islam dan ilmu lain yang terkait, serta memiliki kemampuan untuk menerapkan dan melakukan penelitian guna mengembangkannya.

b.  KonsentrasiPascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki Program studi Ilmu-Ilmu Agama Islam yang terdiri dari konsentrasi-konsentrasi berikut:

Studi Al-Qur’an

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Al-Qur’an yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilm-ilmu Al-Qur’an berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah:  Ulum al- Qur’an, Pemikiran Tafsir dan Hadits.

Studi Hadits

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Hadits yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Hadits berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini:  Ulumul Hadits, Ilmu Takhrij Hadits dan Perkembangan Hadits.

Studi Aqidah dan Pemikiran Islam

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Aqidah dan Pemikiran Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Aqidah dan Pemikiran Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini: Filsafat Islam, Ilmu Kalam, Tasawuf dan Pemikiran Modern Islam.

Studi Hukum dan Pranata Sosial Islam

 Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Ushul Fiqh, Pranata Sosial Islam, Filsafat Hukum Islam dan Qawaid al-Ahkam.

Studi Pendidikan Islam

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Pendidikan Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Tafsir Tarbawi, Hadits Tarbawi, Filsafat Pendidikan Islam dan Ilmu Pendidikan Islam.

Studi Masyarakat Islam

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang Studi Masyarakat Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Studi Masyarakat Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Tafsir dan Hadits sosial, filsafat Ilmu Sosial, Sosiologi dan Antropologi, Statistik dan Ilmu Komunikasi.

Studi Ekonomi Islam

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Ekonomi Islam yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu Ekonomi Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Ekonomi Makro Islam dan Mikro Islam, Keuangan Publik Islam, Ushul Fiqh dan Fiqh Muamalah, Sejarah Lembaga Keuangan Islam dan akuntansi Syari’ah.

Studi Bahasa Arab

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang ilmu Bahasa Arab yang memiliki kecakapan sebagai tenaga pengajar, peneliti dan pengembangan ilmu-ilmu ilmu Bahasa Arab berikut implementasinya dalam institusi-institusi Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Al-Dirosah al-Mutaqoddimah fi al-Lughah al-Arabiyah, Al-Lisaniyah al-Haditsah, Al-Dilalah wa al-Ma’ajim, Al-Uslub wa al-Uslubiyah, Manahij al-Bahts, al-Lughawi wa al-Adabi, Ilmu Lughah al-Ijtima’i wa al-Nafs, Ilmu Lughah al-Arabiyah.

 

2. Program Doktor (S-3)

Program Doktor (S-3) dibuka berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam No. DJ.II/77/2004,  bertujuan menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dan memilki keahlian yang mendalam mengenai salah satu bidang ilmu agama Islam dan ilmu lain yang terkait serta memiliki kemampuan untuk menerapkannya dan melakukan penelitian yang orisinil untuk menghasilkan temuan-temuan baru dalam rangka pengembangan bidang keilmuannya.Konsentrasi Program Doktor di UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdiri dari:

  1. Hukum Islam
  2. Pendidikan Islam
  3. Hukum Islam (HI)

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah menghasilkan tenaga ahli dalam bidang Hukum Islam yang memiliki kecakapan sebagai tanaga pengajar, peneliti dan pengembangan Hukum Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Hukum Islam.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Hukum Islam di Indonesia, Hukum Publik Islam, Hukum Privat Islam, Ilmu Taqnin al-Ahkam dan Perbandingan Hukum.Pendidikan Islam (PI)

Tujuan dari Konsentrasi ini adalah untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang Pendidikan Islam yang memiliki kecakapan sebagai tanaga pengajar, peneliti dan pengembangan Pendidikan Islam berikut implementasinya dalam institusi-institusi Pendidikan Islam dan pengembangan umat yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Mata kuliah keahlian Konsentrasi ini adalah: Filsafat Pendidikan, Pengembangan Kurikulum, Teknologi Pendidikan, Evaluasi Pendidikan, Sejarah pendidikan di Indonesia, Psikologi Belajar, Problematika pendidikan Modern, Psikologi Pendidikan, Managemen Pendidikan, Model-model Pendidikan, Pembiayaan Pendidikan, sejarah Pesantren dan Penelitian Pendidikan.Tenaga pengajar terdiri dari Guru Besar (Prof. Dr.) 15 orang dan Doktor 21 orang.

 

Para Dosen Pascasarjana

1.      Prof. Dr. H. A. Tafsir

2.      Prof. Dr. H. Endang Soetari Ad., M.SI.

3.      Dr. H. Anton Athoillah

4.      Prof. Dr. H. Juhaya S. Praja

5.      Prof. Dr. H. Afif Muhammad, MA.

6.      Prof. Dr. H. Rachmat Syafe’i, MA.

7.      Prof. Dr. H. Sanusi Uwes, M.Pd.

8.      Prof. Dr. H. Wardi Bachtiar, MS.

9.      Prof. Dr. H. Nanat Fatah Natsir, M.Si.

10.   Prof. Dr. H. Chozin Nasuha, MA.

11.   Prof. Dr. H. I. Nurol Aen, MA.

12.   Prof. Dr. H. Nurwadjah Ahmad EQ., MA

13.   Prof. Dr. H. Jaih, SE.,M,Ag.

14.   Prof. Dr. H. M. Abdurrahman, MA.

15.   Prof. Dr. H. Jusman Iskandar, M.Si.

16.   Prof. Dr. H. Nina Syam, MS.

17.   H. Furqon, MA., M.Pd., Ph.D.

18.   Dr. H. Elih Sudiapermana

19.   Prof. Dr. H. Sudardja Adiwikarta, MA

20.   Prof. Dr. H. Achmad Sanusi, SH,.M.PA.

21.   Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si.

22.   Dr. H. Ikhyan Sibawaih, MA.

23.   Prof. Dr. H. Moh. Najib, M.Ag

24.   Dr. H. Ahmad Tohirin, MA.

25.   Dr. H. Suwandi, SE., M.Si.

26.   Prof. Dr. H. Nanang Fatah, M.Pd.

27.   Prof. Dr. (HC). KH. A. Djazuli

28.   Dr. H. Surahman Hidayat, MA.

29.   Dr. H. Muhammad, M.Ag.

30.   Prof. Dr. H. T. Fuad Wahab

31.   Dr. H. M. Luthfi Fathullah, MA.

32.   Prof. Dr. H. Salim Umar, MA.

33.   Dr. H. Rohmat Mulyana Safdi, M.Pd.

34.   Adiwarman Karim, SE., M.BA.

35.   Dr. Ali Masrur, M.Ag.

36.   Dr. H. Fisher Zulkarnaen, MA.

37.   Prof. Dr. H. Asep Saeful Muhtadi, MA.

38.   Dr. H. Syihabuddin, MA.

39.   Prof. Dr. H. D. Hidayat, MA.

40.   Prof. Dr. H. Chaedar Alwasialh MA.

41.   Dr. H. Izzudin Mustafa, MA.

42.   Prof. Dr. H. Abdul Rojak, M.Ag.

43.   Prof. Dr. H. Yus Rusyana

44.   Prof. Dr. H. Mudor Effendi, M.Si.

45.   Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag.

46.   Prof. Dr. H. Solahuddin al-Nadwi

47.   Prof. Dr. H. Muchtar Solihin, M.Ag.

48.   Prof. Dr. Tajul Arifin, MA.

49.   Dr. H. Ahmad Zayadi, M.Pd.

50.   Dr. Nurrohman, MA.

51.   Prof. Dr. H. Dedy Ismatullah, SH., M.Hum

52.   Drs. H. Suyono, M.,Ag.

53.   Drs. H. Rukmana, MM., M.Ag.

54.   Dr. H. Badruzaman M. Yunus, MA.

55.   Prof. Dr. H. Adnan Akhyar

56.   Dr. Sulasman, M. Hum

57.   Dr. Andewi Suhartini, M.Ag.

58.   Dr. H. Koko Abdul Kodir, M.Ag.

59.   Dr. H. A. Hasan Ridwan, M.Ag.

60.   Nina Nurmila, Ph.D.

61.   Erni Heryati, Ph.D.

62.   Prof. Dr. KH. Miftah Farid

63.   Dr. Ajid Thoir, M.Ag.

64.   Dr. Asep Nursobah

65.   Prof. Dr. H. Hamid Hasan

66.   Dr. Rudy Heryana, MA.

67.   Prof. Dr. H. Oyo Sunaryo Mukhlas, M.Si.

68.   Dr. H. Sukriadi Sambas, M.Si.

69.   Dr. Yadi Januari, MA.

70.   Prof. Dr. H. Ali Abdurrahman, M.Ag.

71.   Prof. Dr. H. Muhibbin Syah, M.Ed.

72.   Prof. Dr. Supiana , M.Ag.

73.   Dr. H. Nurshomad Kamba

74.   Dr. Abdul Syukur, MA.

75.   Dr. H. Fauzan Ali Rasyid, M.Si.

76.   Dr. H. Dindin Jamaluddin, M.Ag.

77.   Dr. Syahrul Anwar, M.Ag.

78.   Dr. Deni Kamaludin Yusuf, M.Ag.

79.   Dr. H. Iskandar, SE.

80.   Asian Noor, SH, CN.

81.   Dr. H. Tatang Astarudin, SH, M.Si

82.   Dr. Deden Effendi, M.Ag