Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Senin, 25-Jan-2016 | 08:45:14
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis pembahasan tentang kepemimpinan kiai dalam memelihara budaya organisasi dan kontribusinya terhadap mutu pendidikan pesantren yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Ashriyah Nurul Iman Islamic Boarding School Kabupaten Bogor dan Pondok Pesantren Amanah Muhammadiyah Kota Tasikmalaya, dapat disimpulkan bahwa: 1.Kepemimpinan kiai dalam memelihara budaya ...next»
Rabu, 11-Feb-2015 | 12:21:24
Diakui oleh pemerintah (dalam hal ini Kementerian Agama), upaya-upaya peningkatan mutu pendidikan agama dan keagamaan masih belum optimal,  meskipun dari segi payung hukum telah memadai dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2007. Salah satu persoalan pokoknya adalah rendahnya mutu tenaga pengajar baik dari sisi kualifikasi maupun kompetensinya.  Ditinjau dari aspek ...next»
Rabu, 27-Mar-2013 | 07:56:33
Penelitian ini berangkat dari fenomena hubungan agama dengan budaya lokal. Dimana hubungan agama dengan budaya lokal pada suatu masyarakat, mengalami bentuk hubungan yang beragam. Begitu pun hubungan agama Islam dengan budaya lokal mengalami bentuk hubungan yang beragam pula. Beragamnya bentuk  hubungan agama Islam dengan budaya lokal pada suatu masyarakat tergantung dari  penghayatan ...next»
Jumat, 1-Feb-2013 | 08:16:23
(Studi Tentang Perilaku Keagamaan Masyarakat Pesisir Patimban Kecamatan Pusakanegara Kabupaten Subang Jawa Barat)Pada hakikatnya, Islam bukan hanya mewujud pada tataran doktrin universal, akan tetapi ia juga merefleksi pada wujud tindakan (peradaban) yang bernuansa lokal. Islam bernuansa lokal itu dikarenakan adanya proses penetrasi kedalam tradisi lokal dengan segala ciri khasnya. Dengan begitu, ...next»
Rabu, 23-Jan-2013 | 09:23:12
ABSTRAK Muhammadiyah dan Nahdhatul Ulama (NU) memiliki perbedaan metode dalam penetapan awal bulan Qomariyyah, yaitu rukyat dan hisab. Keduanya meyakini perbedaan metode tersebut sebagai rahmat, sehingga hubungan sosial kedua ormas relatif stabil. Akan tetapi pada masa akhir masa Orde Baru hingga awal Reformasi, hubungan NU dan Muhammadiyah menunjukkan dinamika. Oleh karena itu, masalah studi ini ...next»
Senin, 26-Nov-2012 | 09:23:37
Disertasi ini membahas tentang konflik dan integrasi dalam konstruksi identitas NSI (Niciren Syosyu Indonesia), suatu kelompok yang terdapat dalam agama Buddha. Identitas dibangun oleh perbedaan-perbedaan, sehingga akibatnya dapat menimbulkan ketegangan dan konflik sosial. Hal ini berbeda dengan teori konflik Coser (1964) yang melihat bahwa karena perbedaan inheren dalam masyarakat maka konflik ...next»
Kamis, 21-Jun-2012 | 08:45:58
Perubahan peraturan perundang-undangan berdampak signifikan terhadap substansi, struktur, dan kultur hukum di lingkungan Peradilan Agama, terutama setelah diundangkannya UU No.50 Tahun 2009. Perubahan tersebut dipengaruhi sejumlah faktor dan berdampak pada reformulasi nazhariyyat al-tanzhīmi al-qadhāī dalam sistem hukum Indonesia. Dalam konteks sistem hukum, undang-undang tersebut dituntut ...next»
Rabu, 20-Jun-2012 | 07:13:54
Perubahan sosial dan masyarakat selalu menuntut adanya perubahan hukum, sebaliknya perubahan hukum dapat menimbulkan perubahan sosial. Dalam ajaran Islam perubahan hukum selalu inheren di dalamnya. Ajaran Hukum Islam ada yang bersifat qat’i, yang tidak berubah sepanjang zaman, ada yang bersifat elastis (zanni), dapat berubah sesuai dinamika zaman. Hal ini sebagaimana diisyaratkan dalam ...next»
Selasa, 19-Jun-2012 | 17:28:38
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegundahan dan ketertarikan peneliti terhadap fenomena mutakhir mengenai tindakan eksploitasi dan kekerasan terhadap anak. Padahal anak adalah titipan dan karunia yang diberikan Allah Swt. kepada pasangan suami isteri yang wajib memeliharanya dengan baik, hingga anak tersebut menginjak usia dewasa. Dalam banyak kasus yang dipublikasikan di berbagai media masa ...next»
Senin, 11-Jun-2012 | 12:20:53
Kemajemukan bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang tiada ternilai, baik keragaman suku bangsa, budaya, maupun agama. Umat Islam, sebagai salah satu elemen didalamnya, berusaha memelihara identitas keislaman di tengah-tengah masyarakat yang pluralistik ini. Oleh karena itu, sikap toleran dan rukun dalam pergaulan sosial antar umat beragama mutlak harus dimiliki oleh umat beragama, bahkan sikap ...next»