Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Selasa, 20-Jun-2017 | 10:32:31
NIKMATNYA UMRAH RAMADHAN Oleh : H. Aden Rosadi (Pembimbing Haji dan Umrah Plus Qiblat Tour dan Dosen FSH UIN SGD Bandung)   Melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramdhan adalah sangat utama. Karena Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, bulan dimana seluruh amalan dilipiatgandakan menjadi 70 kali lipat dari bulan-bulan lainnya. Bulan penuh dengan rahmat, dimana rahmat atau kasih sayang ...next»
Rabu, 21-Sep-2016 | 09:54:23
BER’HAJI’ DI TANAH AIR SENDIRI Oleh : H. Aden Rosadi Hampir dapat dipastikan semua jamaah haji termasuk jamaah haji Indonesia dapat merasakan atmosfir spritual yang luar biasa ketika melaksanakan ibadah haji. Hal tersebut ditandai dengan animo yang begitu besar, baik sebelum maupun prosesi ibadah haji berlangsung meskipun di tengah suhu udara yang sangat panas sampai mencapai angka 47 ...next»
Rabu, 1-Jun-2016 | 14:18:02
Peter Noll, menulis buku tentang Gesetzgebungslehre sebagai gagasan awal,  telah memberikan perhatian dan pengaruh yang sangat besar terhadap studi keilmuan tentang fenomena legislasi.  Sampai saat itu, Noll melihat bahwa teori hukum secara eksklusif terfokus pada ajudikasi, sementara legislasi tidak menjadi perhatian. Ilmu hukum (legal scince) secara terbatas hanya menerangkan dengan ...next»
Jumat, 22-Apr-2016 | 10:22:02
AMAN DAN NYAMANOleh : H. Aden RosadiAman dan nyaman. Itulah pengalaman empirik yang dirasakan oleh setiap jamaah baik yang melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Kenapa? Sebab, dalam kesehariannya, hampir dipastikan setiap jamaah memanfaatkan setiap waktu, tenaga,biaya, dan pikiran hanya untuk satu hal, yakni ibadah. Ibadah dalam arti yang luas bukan sekedar ritual, melainkan juga ‘ibadah ...next»
Rabu, 16-Mar-2016 | 10:12:08
Belakang ini muncul dan marak tentang tawaran ibadah umrah dengan berbagai  fasilitas yang menggiurkan, baik tentang harga (promo dan spesial), hotel, pesawat, maupun  bimbingan selama ibadah umrah. Para biro perjalanan haji dan umrah berlomba dalam konteks fastabiqul khairat guna merekrut sebanyak-banyaknya para calon jamaah. Di sisi lain, pemahaman masyarakat pada umumnya tentang ...next»
Kamis, 7-Jan-2016 | 07:42:00
Memasuki semester baru kegiatan belajar-mengajar Tahun 2016, terlihat masih ada masalah tersisa. Masalah itu, antara lain, terkait posisi dan peran Komite Sekolah, khususnya di sekolah gratis. Di Kota Bandung, misalnya, meski gubernur pernah menjanjikan pendidikan gratis, belum ada sekolah, khususnya SMA/Aliyah, yang secara by-designed digratiskan. Ada satu SMA Negeri yang sudah digratiskan pun, ...next»
Senin, 28-Des-2015 | 08:42:47
Oleh : Aden Rosadi (Dosen UIN SGD Bandung, 08122401654, adenrosadi@yahoo.com)AbstrakMemahami makna salaf dalam konteks saat ini telah melahirkan banyak perdebatan di kalangan para sarjana muslim menyangkut penggunaan kata itu sendiri. Secara keseluruhan, umat Islam mengklaim bahwa as-salaf as-salih sebagai dasar keagamaan mereka. Namun secara historis, ada perbedaan yang sangat tajam antara para ...next»
Kamis, 15-Okt-2015 | 08:57:35
Abstract This paper departs from the debate about the existence of Islamic economics as a discipline. Some argue that the Islamic economy can not be regarded as a discipline, but others claim that Islamic economics can be seen as a discipline. Results of the analysis in this paper concludes that the Islamic economy can be categorized as a science because science indicators and elements have been ...next»
Selasa, 10-Feb-2015 | 12:27:13
Saya ingin memulainya dari persoalan modernisme dan post modernisme yang kini menjadi bagian kehidupan manusia. Sebagai pengingat tentang posisi kita sebagai mahasiswa yang hidup di jaman ini. Tentu saja harus ada peran besar yang dilakukan, sebagai implementasi dari nilai: Khoirunnâs ‘anfauhum linnâs. Meminjam istilah dialektika Hegel, modernisme merupakan anti-tesa dari zaman ...next»
Kamis, 23-Jan-2014 | 14:16:29
“Kerukunan” dan “Madrasah” adalah dua istilah yang dijadikan pokok bahasan yang diberikan panitia penyelenggara workshop tiga hari yang lalu. Kerukunan sangat berkaitan erat dengan “toleransi”. .Kerukunan menunjukkan pada wujud nyata dari dua pihak (orang atau kelompok) yang berdampingan secara nyaman dan harmonis. Sedangkan, toleransi berkaitan dengan ...next»