Rektor Corner
Beberapa hari kebelakang kita berkumpul dalam rangka memperingati satu peristiwa hari raya yang amat istimewa, yang oleh kita ummat disebut dengan berbagai macam sebutan, ada yang menyebutnya dengan Idul Adha, ada yang...next »



e-Journal



Jumat, 11-Des-2015 | 06:42:00
[www.uinsgd.ac.id] Krisisnya program siaran televisi yang mengankat nilai-nilai moral, spiritual dan budaya dalam kemasan hiburan yang cerdas, mendorong  Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar workshop dengan tema “Menciptakan Kreatifitas Siaran yang Mendidik dalam Sinetron, Drama dan Dongeng di Televisi dan Radio,” di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN ...next»
Kamis, 10-Des-2015 | 07:20:56
[www.uinsgd.ac.id] Dua mahasiswi senior Fakultas Hukum Monash University, Melbourne Australia, Taylor dan Jasmine mengaku kagum dan sangat respek terhadap model dan praktik pelayanan Klinik Hukum yang diberikan oleh mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung kepada masyakat di Pengadilan Agama (PA) Sumedang. “Kami respek sekali dengan model pelayanan Klinik Hukum Fakultas ...next»
Selasa, 8-Des-2015 | 07:43:43
[www.uinsgd.ac.id] Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake mengatakan kerjasama dalam bidang pendidikan antara Indonesia dengan Amerika perlu ditingkatkan. Alasannya,  peningkatan mutu pendidikan di Tanah Air menjadi salah satu kunci perbaikan sumber daya manusia agar mampu bersaing ketika digulirkannya Masyarakat Ekonomi Asean pada akhir Desember 2015. Salah satu upaya ...next»
Senin, 7-Des-2015 | 14:58:04
[www.uinsgd.ac.id] Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Indonesia memiliki banyak guru besar di bidang keislaman. Para guru besar di lingkungan PTKI juga telah mendapatkan pengakuan dunia internasional. “Tokoh seperti Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab dan Prof. Dr. Azyumardi Azra telah mampu membawa nama harum bangsa dan dunia pendidikan Islam di tingkat internasional”, demikian ...next»
Jumat, 4-Des-2015 | 13:00:25
[www.uinsgd.ac.id] Agama dan politik semestinya menjadi semangat untuk menciptakan sikap saling memahami dan saling menghormati dalam perbedaan (harmony in diversity). Karena keduanya merupakan pilar utama untuk mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat, peradaban modern, dan perdamaian dunia. Tetapi dalam faktanya, nilai-nilai kebaikan di setiap agama seringkali dikesampingkan, bahkan lebih ...next»
Kamis, 3-Des-2015 | 07:37:40
[www.uinsgd.ac.id] Koordinator Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten, Prof. Dr. Mahmud, M.Si menegaskan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun dan mengembangkan sumber daya masyarakat di Jawa Barat dan Banten. Bahkan, kata Mahmud, tanpa ada peran dari para pengelola Perguruan Tinggi ...next»
Rabu, 2-Des-2015 | 07:33:15
[www.uinsgd.ac.id] Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengapresiasi digelarnya Rapat Koordinasi (Rakor) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang digelar Kamis-Jumat (26-27/11) di Sariater Spring and Hotel, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut disampaikan Ketua Biro Pelayanan Sosial Pemprov Jabar Dr. Dedi Iskandar, M.Si membacakan pidato sambutan Gubernur Jawa Barat ...next»
Selasa, 1-Des-2015 | 10:09:07
[www.uinsgd.ac.id] Ada persoalan dalam masyarakat kita bagaimana meningkatkan budaya tulis menulis. Faktornya, karena kita lebih suka dengan budaya oral. Di fakultas kita ini, oral menjadi hal yang harus menjadi kemampuan. Budaya tulis menulis juga harus mendapatkan perhatian secara serius. Habit menulis dipandang kurang di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Demikian dikatakan Wakil Dekan ...next»
Senin, 30-Nov-2015 | 07:29:36
[www.uinsgd.ac.id] Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN SGD Bandung terus memupuk kreativitas mahasiswa dalam berwirausaha (entrepreneurship). Ini penting agar mahasiswa dan alumni FSH mampu menyelesaikan masalah, sekaligus brilian dalam melihat peluang usaha. Mereka tidak akan susah mencari penghidupan karena punya bekal kemandirian, bahkan bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang ...next»
Jumat, 27-Nov-2015 | 15:43:40
[www.uinsgd.ac.id] Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Kopertais) Wilayah II Jawa Barat dan Banten, kembali menggelar rapat koordinasi bersama seluruh Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam (PTKIS) . Kegiatan tersebut digelar pada Kamis-Jumat (26-27/11) bertempat di Hotel Sari Ater, Jalan Raya Ciater-Lembang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan ...next»