Rektor Corner
Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah
Mengingat Islam di kawasan ini sering dipandang sebelah mata oleh para peneliti asing, karena posisinya yang terletak di pinggiran dari jantung Islam. Akan tetapi, Asia Tenggara dengan penduduk mayoritas Muslim, kini...next »



e-Journal



Selasa, 19-Mar-2013 | 09:16:04
[www.uinsgd.ac.id] Ada Pemandangan yang berbeda dalam Wisuda yang ke -57, Sabtu (16/3) di Universitas Islam Negeri (UIN) Bandung yaitu acara “pelepasan Alumni”. Sebab, dalam kurun waktu 56 tahun sejak berdirinya  perguruan tinggi ini, belum pernah di gelar “ Peturai Tineung" dengan para alumni UIN SGD Bandung.Acara pelepasan alumni digagas oleh civitas  Fakultas Ilmu ...next»
Senin, 18-Mar-2013 | 07:04:23
[www.uinsgd.ac.id] Sebagai salah satu perguruan tinggi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung telah mampu memadukan ilmu keislaman dan ilmu umum. Lulusannya dapat berkiprah di bidang keislaman dengan wawasan yang luas tentang keilmuan umum,  atau dalam bidang umum dengan wawasan keislaman yang mendalam. “Ini diabdikan bagi kemaslahatan umat manusia dan pengembangan ...next»
Jumat, 15-Mar-2013 | 15:26:47
[www.uinsgd.ac.id] Sebanyak 970 orang mengikuti gladi bersih Wisuda ke-57 UIN SGD Bandung tahun akademik 2012/2013 yang dipimpin langsung oleh Kepala Biro Administrasi Akademik  & Kemahasiswaan, Drs. H. Habuddin, M. S yang didampingi oleh Kepala Bagian (Kabag) Akademik, Drs. H. Mumuh Muksin, M.M.Pd., Kabag Tata Usaha  masing-masing Fakultas dan dipandu oleh Kasubag. Humas & ...next»
Jumat, 15-Mar-2013 | 08:44:37
[www.uinsgd.ac.id] UIN SGD Djati Bandung terus melakukan terobosan dan langkah strategis  dalam menyikapi  serta menjawab tantangan global dengan mendorong para lulusannya memiliki jiwa kewirausahaan. “Kami berusaha menanamkan  dan memberi  motivasi kepada para mahasiswa supaya memilii jiwa pengusaha,“ ungkap  Ahmad Fathoni, Ketua Pelaksana Pelatihan ...next»
Jumat, 15-Mar-2013 | 07:38:47
[www.uinsgd.ac.id] Saat diskusi Dosen, seseorang bertanya, apa yang harus dilakukan oleh Dosen. Jawab saya waktu itu adalah menulis. Dengan menulis berarti telah menyubangkan pemikiran. Hal ini telah dilakukan oleh Penulis Buku ini. Begitu ungkap Afif Muhammad saat membedah buku Sejarah Sosial Intellektual Karya Moeflich Hasbullah di Aula Fakultas Adab dan Humaniora, Kamis, (07/03). Selain Afif ...next»
Kamis, 14-Mar-2013 | 09:41:01
[www.uinsgd.ac.id] Upaya untuk menggali potensi mahasiswa dalam bidang menulis dan mendorong agar lulusannya bisa hidup mandiri,  Bidang Kemahasiswaan UIN SGD Bandung menggelar Pelatihan Penulisan/Jurnalistik dan Kewirausahaan yang dibuka secara resmi oleh Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Deddy Ismatullah, SH., M.Hum. yang didampingi oleh Pembantu Rektor (PR) I, Prof. Dr. H. Afifuddin, ...next»
Kamis, 14-Mar-2013 | 07:06:48
[www.uinsgd.ac.id] Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali melakukan terobosan. Kali ini meluncurkan televisi online BandungOkeTV, setelah setahun sebelumnya meluncurkan portal berita BandungOke.Peluncuran televisi online itu juga sekaligus Milad ke-1 BandungOke, yang tepatnya jatuh pada tanggal 7 Maret.  Launching BandungOkeTV ...next»
Senin, 11-Mar-2013 | 11:29:01
[www.uinsgd.ac.id] Pendaftaran Wisuda ke-57 sudah ditutup. “Sesuai jadwal pendaftaran Wisuda ke-57 sudah ditutup dan yang berhasil mendaftarkan diri sampai pagi ini berjumlah 970 orang” ungkap Bambang Hidiyantono, S. Ag. M.MPd., Kasubag Akuntasi dan Pelaporan Anggarna pada Bagian Keungan dan IBMN Biro Adm Umum UIN SGD Bandung saat dihubungi PusInfokom di ruang kerjanya, ...next»
Minggu, 10-Mar-2013 | 10:06:44
[www.uinsgd.ac.id] Fenomena kampanye politik sudah lumrah dan menjadi sebuah tradisi ‘demokrasi’ yang ramai terjadi di berbagai daerah. Terlebih jika musim pemilu menghampiri intensitas kerlap-kerlipnya gemerlap kampanye politik seakan tak mungkin lepas dari jangkauan setiap masyarakat di berbagai daerah. Berbagai kekuatan politik dengan bermacam-macam ideologi saling mencari muka ...next»
Jumat, 8-Mar-2013 | 07:03:50
[www.uinsgd.ac.id] Beberapa tahun belakangan, mahasiswa UIN disibukan dengan tuntutan hafalan Al-Qur’an. Bagaimana tidak, program ini disepakati seluruh senat kampus sebagai syarat wajib mahasiswa mendapatkan titel kesarjanannya. Mereka menamakan program tahfidz ini dengan istilah Libat. Yakni suatu akronim dari kata lihat, baca, dan tulis.  Apa Ide dasar program ini dan siapakah sosok ...next»